Menggunakan makeup sudah menjadi rutinitas bagi kaum wanita. Makeup dapat membuat wajah terlihat lebih menawan dan menutupi noda-noda hitam bekas jerawat.

Namun, seiring berjalannya waktu dan beraktivitas, makeup perlahan-lahan akan menghilang karena kandungan minyak pada wajah. Terlebih lagi jika wajah kamu memiliki tipe wajah berminyak. Hal ini akan membuat makeup lebih mudah hilang.

Enggak perlu takut makeup hilang lagi, kamu bisa mencoba cara mudah ini, lho! Apa aja ya? Mengutip dari Beautynesia (27/10/2020), ini cara membuat makeup tahan lama. Scroll, yuk!

1. Gunakan pelembab

Dengan menggunakan pelembab, lapisan dermis kulit akan mengurangi produksi minyak yang berlebihan. Nah, jika kamu melewatkan menggunakan pelembab pada wajah, kemungkinan makeup akan lebih mudah hilang karena produksi minyak tak tertahan. Disarankan untuk menggunakan pelembab berbahan air seperti gel atau lotion yang ringan.

2. Gunakan primer

Sering dilewatkan, ternyata primer memiliki fungsi penting untuk membuat makeup lebih tahan lama. Apalagi jika kamu memiliki tipe kulit berminyak. Untuk itu, aplikasikan primer sebelum menggunakan makeup pada area yang sering berminyak seperti dahi, hidung, dan dagu.

3. Hindari terlalu banyak menggunakan bedak

Mungkin kamu berpikir bahwa menggunakan bedak yang banyak akan membuat makeup menjadi lebih tahan lama. Nyatanya menggunakan makeup terlalu banyak akan membuat pori-pori wajah menghasilkan minyak berlebihan. Akibatnya makeup menjadi lebih cepat hilang. Oleh karena itu, gunakanlah bedak yang matte dan transparan serta cukup gunakan pada area yang berkilau.

4. Sediakan kertas minyak

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, minyak membuat makeup menjadi lebih cepat hilang. Untuk mengurangi produksi minyak pada wajah, kamu bisa menggunakan kertas minyak. Caranya juga sangat mudah, cukup tekan saja area wajah yang berminyak agar makeup enggak menjadi cepat hilang.

5. Gunakan produk makeup oil-free

Inilah pentingnya membaca kelebihan dari makeup sebelum membelinya. Jika Beauty mau makeup lebih tahan lama, carilah produk makeup yang memiliki label oil-free. Apalagi jika kamu memang memiliki tipe kulit berminyak. Lebih baik menggunakan foundation, blush, primer, dan sunscreen yang oil-free dan non-comedogenic.

Baca Juga: Beauty, Hati-hati! Jika Tanda Ini Muncul, Segera Buang Makeupmu!

Nah, itu dia cara membuat makeup menjadi lebih tahan lama. Boleh dicoba ya, Beauty! Semoga bermanfaat!