Disaat anak sudah pada masa balita, mereka akan mulai mengeksplorasi berbagai hal. Padda tahap ini mereka mulai berbicara dan menyerap kata-kata orang lain sedikit demi sedikit.

Saat inilah pentingnya mengajarkan si kecil untuk mengembangkan kemampuan berbicara dan membaca.

Namun, tak jarang Moms merasa kesulitan saat mengajar si kecil membaca. Belum lagi si kecil yang mulai bosan dan tak mau belajar hingga membuat Moms merasa kesal.

Tenang aja, Moms! Ada cara efektif untuk mengajar si kecil membaca tanpa membuat Moms merasa emosi. Penasaran apa aja? Yuk, cek artikel ini!

1. Bacakan anak buku

Cara ini sangat penting dilakukan saat mengajar anak membaca. Moms bisa membacakan buku dongen secara rutin di saat waktu luang atau sebelum tidur. Cara ini akan membuat si kecil menjadi senang dibacakan sehingga juga membuatnya senang membaca buku. Kecintaannya dengan buku akan membantu mereka mengenal huruf-huruf yang ada dalam bacaan tersebut. Jadi, Moms enggak akan kesulitan saat mengajarkan si kecil membaca.

2. Gunakan gadget

Enggak hanya memberikan dampak negatif, ternyata gadget juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana anak untuk belajar membaca. Dengan menggunakan gadget Moms enggak perlu lagi membacakan buku karena gadget memiliki audiobook sehingga dapat membacakan buku cerita langsung. Canggih dan mudah banget, ya! Janga lupa pastikan terdapat visual dalam gadget yang diberikan si kecil supaya enggak bosan.

3. Gunakan gambar

Balita umumnya cenderung menyukai sesuatu yang bergambar karena lebih menarik. Untuk itu, jika ingin mengajarkan si kecil membaca usahakan tulisan tersebut memiliki gambar. Misalnya tulisan jerapah dengan gambar jerapah lalu tulisan apel dengan gambar apel. Cara ini juga membuat anak dapat mengetahui bentuk visual dari kata tersebut.

Baca Juga: Kapan Gigi Susu Anak Berganti Menjadi Gigi Permanen?