Setiap pasangan suami istri tentu mengharapkan agar hubungan pernikahannya dapat berjalan dengan baik hingga maut memisahkan. Namun, beberapa hal tentu perlu untuk disadari jika jalan sebuah hubungan pernikahan enggak selalu dihadapkan pada hal-hal yang baik, dan ya tentu saja seringkali dihadapkan pada kemungkinan-kemungkinan buruk, salah satunya yaitu perselingkuhan.

Merangkum dari laman hallosehat.com, Selasa (27/10/2020) Penelitian yang dipublikasikan di The Journal of Sex Research menemukan fakta bahwa pria cenderung lebih sering berselingkuh dalam pernikahan dibandingkan wanita. Sedangkan sebanyak 44 persen wanita berusia di bawah 30 tahun mengatakan bahwa mereka akan mengakhiri hubungan jika seorang pria yang dicintai sudah enggak lagi setia. 

Usia pernikahan yang rentan perselingkuhan

Peneliti menemukan fakta bahwa dalam hubungan pernikahan, kecenderungan pria dan wanita untuk melakukan perselingkuhan sangat berbeda. 

Pada wanita kemungkinan besar akan selingkuh di usia pernikahan 6-10 tahun. Sementara itu, seorang pria akan lebih tertarik berselingkuh setelah menikah selama 11 tahun. Para peneliti mendasarkan temuan ini pada data yang dikumpulkan dari 423 peserta. Para peserta diminta untuk memberi peringkat, sesuai dengan kepentingan dan 29 alasan untuk menolak perselingkuhan serta kemungkinan mereka untuk selingkuh jika diberi kesempatan.

Baca Juga: Dear Wanita, Kenali 3 Bentuk Perselingkuhan Non Fisik yang Tak Disadari oleh Kamu!

Selain itu, Superdrug's Doctor Online juga melakukan survei terhadap lebih dari 2.000 orang Amerika dan Eropa untuk mengetahui mengapa pria dan wanita berselingkuh. Penyebab utama para wanita berselingkuh yaitu merasa enggak mendapatkan perhatian yang cukup dari pasangan mereka. Sedangkan bagi pria menjawab alasannya selingkuh ialah mereka melihat perempuan lain lebih menggoda dibandingkan istrinya.