Biang keringat ditandai dengan bintik-bintik merah dan gatal di kisaran leher, ketiak, pangkal paha, dada bagian atas, kepala, dahi, punggung, dan perut. Kondisi ini umumnya terjadi pada anak usia 1-18 tahun.

Biang keringat disebabkan karena tersumbatnya pori-pori kulit sehingga menyebabkan keringat tak dapat keluar. Masalah kulit ini bisa muncul saat cuaca lembap atau terlalu panas sehingga membuat anak mengeluarkan banyak keringat. Merangkum dari berbagai sumber, Selasa (27/10/2020) begini tipsnya.

1. Hindari Udara Panas

Hindari udara panas dan juga lembap. Pindahkan anak ke ruangan yang sejuk dan teduh. Jika menggunakan AC dan kipas angin di kamar, disarankan agar tak langsung mengarahkan angin ke tubuh anak. Selalu pastikan anak minum cukup banyak air dan hindari kontak langsung dari matahari di siang hari juga bawalah kipas tangan.

2. Mandi air dingin

Biang keringat biasanya mereda setelah kulit menjadi dingin. Oleh sebab itu, mandi dengan air dingin dapat membantu mengatasi masalah ini. Membilas kulit dengan lembut juga bisa membuka pori-pori. Ini penting, karena pori-pori yang tersumbat berkontribusi pada biang keringat yang dikenal juga sebagai ruam panas itu. Pastikan untuk mengeringkan kulit dengan benar setelah mandi atau mengompres kulit. Kulit yang dibiarkan basah bisa mengalami iritasi.

Baca Juga: Muncul Flek Hitam Meskipun Jarang Terkena Matahari? Ini Alasannya!