Apa kamu sering mengalami mimpi buruk saat sedang tertidur? Ya, mimpi buruk memang kerap kali dialami oleh banyak orang. Biasanya mimpi buruk membuat seseorang terbangun dari tidur dengan kebingungan dan jantung berdebar kencang.

Meski umum dialami banyak orang, jika mimpi buruk mulai sering terjadi di malam hari, itu bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan lho. Jadi kamu perlu waspada ya!

Menalsir laman CNN (28/10/2020) Diperkirakan 2% hingga 8% orang dewasa takk dapat beristirahat karena mimpi mengerikan merusak pola tidur. Secara khusus, mimpi buruk dapat menjadi indikator masalah kesehatan mental, seperti kecemasan, gangguan stres pasca trauma, dan depresi.

Selain itu, menurut penelitian sebuah fenomena yang disebut gangguan perilaku tidur REM, di mana seseorang melakukan mimpi agresif dengan berteriak, bergerak atau melompat dari tempat tidur, juga dapat memprediksi penyakit neurologis seperti Parkinson. Tetapi beberapa teori menyatakan bahwa mimpi buruk bisa menjadi cara bagi otak untuk mengatasi dan memproses ingatan yang kurang menyenangkan.

Baca Juga: Pernah Tiba-Tiba Menangis Ketika Mimpi? Cari Tahu Yuk Artinya!

"Umumnya, mimpi buruk akan terjadi jika seseorang memiliki masalah tidur yang berkepanjangan karena alasan seperti sakit atau insomnia," jelas profesor Jason Ellis, direktur di Northumbria University's Centre for Sleep Research.