Sebagai pejuang jerawat, pasti sudah enggak asing lagi deh dengan kandungan retinol dalam skincare. Beberapa waktu belakangan, retinol menjadi bahan yang banyak digunakan dalam berbagai jenis skincare. Tak hanya untuk memberantas jerawat, retinol yang merupakan turunan dari vitamin A ini juga bisa membuat wajah menjadi glowing.

Namun, banyak yang masih bertanya-tanya mengapa skincare yang mengandung retinol hanya boleh digunakan pada saat malam hari. Joshua Zeichner, MD, dokter kulit bersertifikat di New York City pun menjelaskan bahwa retinol mengandung bahan-bahan yang kuat sehingga harus digunakan pada malam hari untuk hasil terbaik.

"Retinol secara tradisional telah digunakan di malam hari karena molekulnya sangat tidak stabil di hadapan sinar UV,” kata Zeichner dikutip dari Well and Good (28/10/2020).

Hal ini disebabkan karena retinoid turunan dari vitamin A yang tak bisa bertahan terhadap sinar matahari. Retinoid secara alami akan rusak di bawah sinar matahari dan sinar matahari membuatnya kinerjanya kurang efektif.

Baca Juga: Make Up Nagita Slavina: Punya Lip Glow yang Sama dengan Bella Hadid sampai Face Wash Murah Milik Sejuta Umat