Dalam sebuah hubungan pernikahan, rasanya kita enggak dapat mempungkiri jika berbagai pertengkaran kerapkali akan datang menghampiri. Biasanya, pertengkaran yang terjadi pada suami istri disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya yaitu masalah finansial atau keuangan. 

Nyatanya, masalah finansial merupakan salah satu hal yang penting dalam setiap hubungan rumah tangga. Jika enggak dibicarakan dengan baik, hal tersebut tentu akan berakhir dengan pertengkaran. 

Baca Juga: Fakta Check! Ini Sederet Kebiasaan Sepele Suami yang Bikin Istri Murka, Setuju Gak Moms?

Untuk menghindari hal tersebut, Moms dapat mencoba kelima tips di bawah ini.

  • Pahami makna uang bagi Moms dan sang suami, seperti seberapa penting uang dalam hubungan yang dijalani dan bagaimana kebiasan Moms dan sang suami menghabiskan uang? Dengan melakukan hal ini, Moms dan sang suami dapat saling memahami berbagai sudut pandang finansial masing-masing.
  • Penting untuk mengungkapkan penyesalan dalam hal finansial yang dilakukan, seperti memiliki utang kartu kredit atau enggak memiliki tabungan. Ketika pasangan mengungkapkan hal tersebut, ada baiknya jika enggak saling menilai buruk kebiasaan pasangan, tujuannya agar mendapatkan berbagai solusi, sehingga kebiasaan tersebut enggak terulang kembali.
  • Saling berbagi informasi tentang penghasilan, tabungan, dan utang untuk pasangan yang baru saja menikah. Pengeluaran, tagihan, dan rencana masa depan wajib dibicarakan oleh mereka yang telah menjalani hubungan penikahan selama beberapa waktu.
  • Membuat prioritas keuangan agar alokasi dana keluarga tepat sasaran dan dapat digunakan untuk mencapai tujuan bersama.
  • Buatlah rencana tentang penghasilan yang diterima, seberapa besar kontribusi dalam rumah tangga yang harus diberikan jika istri dan suami sama-sama bekerja.