Moms, sering mendengar suara dengkuran saat si kecil sedang tidur? Mendengkur memang sering terjadi pada orang dewasa. Namun, enggak menutup kemungkinan anak kecil pun dapat mengalaminya.

Seseorang mendengkur ini bisa diakibatkan karena adanya sumbatan jalan nafas pada saat sedang tertidur. Melansir dari the Asian Parent (1/22/2020 )penyumbatan ini terjadi karena penyempitan perubahan struktur saluran nafas bagian atas oleh sesuatu sehingga keluarnya udara melewati saluran nafas yang mengalami penyempitan yaitu suara dengkuran atau ngorok.

Anak yang mendengkur juga disebabkan oleh beberapa hal yaitu amandel, kegemukan, dan kelainan struktur tulang wajah. Umumnya kondisi ini mulau dialami si kecil saat berusia 3-10 tahun. 

Namun, ternyata anak yang mendengkur saat tidur bisa membahayakan kondisi si kecil, lho Moms! Apa aja bahayanya ya?

Kekurangan oksigen: Anak yang tidur mendengkur akan mengakibatkan kekurangan oksigen dan mengganggu pertumbuhan si kecil. Tak hanya itu, anak yang kekurangan oksigen juga akan membuat mereka menjadi lebih cepat letih dan mengantuk. Akibatnya, si kecil menjadi enggak fokus saat belajar dan menurunkan konsentrasinya.

Kesulitan menelan makanan: Semakin membesarnya amandel akibat mendengkur, anak juga akan menjadi lebih sulit menelan makanan sehingga mempengaruhi nutrisi dan gizi si kecil.

Baca Juga: Awas! Jika Tak Ingin Hal Ini Terjadi pada Tubuh, Jangan Makan Cokelat Sebelum Tidur