Memberikan asupan nutrisi pada bayi memang penting, ya, Moms! Akan tetapi, karena banyaknya jenis makanan yang menyehatkan terkadang Moms bingung apa saja yang bisa diberikan pada si kecil.

Perlu diketahui, enggak semua makanan sehat ternyata berdampak positif untuk bayi, lho. Salah satunya adalah madu. Madu memang dikenal akan manfaatnya bagi tubuh. Mengutip dari Healthline.com (2/11/2020) madu mengandung berbagai macam nutrisi yaitu asam amino, mineral, enzim , dan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari risiko peradangan.

Madu juga memiliki vitamin B dan vitamin C. Namun, jika dikonsumsi oleh bayi madu akan memberikan efek negatif yaitu botulisme.

Bukan berarti enggak boleh mengonsumsi madu, hanya saja Moms harus memperhatikan usia si kecil agar madu aman untuk dikonsumsi. Ahli kesehatan menyarankan madu diberikan saat usia si kecil sudah 12 bulan atau setahun agar terhindar dari botulisme. Enggak hanya madu cair saja, madu yang terkandung dalam kue atau cemilan juga harus dihindari pada bayi yang kurang dari 12 bulan untuk menghindari risiko botulisme.

Botulisme itu apa sih?

Baca Juga: Moms Harus Waspada, Ini Penyebab Bayi Bisa Lahir Prematur!