Moms, kotak perlengkapan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) di rumah harus selalu tersedia. Si kecil yang sangat aktif biasanya rentan cedera, disini Moms harus tanggap menanganinya. 

Simpanlah kotak P3K dalam penyimpanan yang terkunci dan tentunya berada jauh dari jangkauan anak-anak. Pilihlah kotak transparan yang terbuat dari bahan tahan air dan tahan banting dengan ukuran yang dapat menampung botol standar obat-obatan.  

Selain itu, jangan lupa untuk mengganti isinya secara berkala untuk menghindari adanya produk yang kadaluarsa. Melansir dari laman alodokter, Selasa (3/11/2020) berikut isi kotak P3K.

1. Buku panduan P3K 

Dalam buku ini terdapat panduan yang membahas pemberian napas buatan, pertolongan pada luka bakar, dan pertolongan saat tersedak. Terkadang, kepanikan dapat membuat Moms melupakan hal-hal yang sebenarnya perlu dilakukan ketika Si Kecil mengalami cedera.

2. Termometer digital 

Fungsinya untuk mengukur suhu tubuh anak dengan cepat. Akan lebih baik lagi jika ada termometer telinga/tympanic, sehingga lebih praktis diterapkan kepada balita yang sulit duduk tenang. Hindari menggunakan termometer kaca yang menggunakan merkuri, karena termometer jenis ini berisiko pecah, pecahan kaca dan merkuri yang sangat beracun dapat membahayakan anak.

3. Penanganan luka

Simpan semprotan atau krim antiseptik untuk mencegah infeksi. Beberapa antiseptik juga mengandung pereda nyeri. Moms dapat menggunakan tisu basah antiseptik untuk membersihkan luka jika tak ada air. Jangan lupa sediakan obat tetes luka, alkohol untuk membersihkan luka, plester, perban, kasa dan kapas steril.

Baca Juga: Moms, Jangan Panik! Simak Langkah Pertolongan Pertama Saat Bayi Jatuh dari Tempat Tidur