Saat dihadapkan pada fase menstruasi, Beauty tentu mengalami berbagai gejala seperti nyeri perut, sakit kepala, dan perubahan mood. Namun enggak hanya itu saja, beberapa wanita pun juga kerapkali mengalami nyeri atau sakit pada bagian punggung. 

Sakit punggung yang dialami para wanita saat menstruasi, biasanya terletak pada bagian tenggah hingga bagian bawah punggung. Biasanya, kondisi ini lumrah terjadi pada saat menjelang hingga selesainya masa menstruasi. 

Namun sebenarnya apa penyebab sakit punggung yang terjadi pada wanita saat fase menstruasi?

Sakit punggung saat masa menstruasi biasanya terjadi karena perubahan hormon. Saat fase mentruasi, tubuh wanita melepaskan hormon prostaglandin untuk mendorong kontraksi uterus agar lapisan rahim terlepas. Hal ini tentu berpengaruh pada otot punggung, khususnya punggung bagian bawah. 

Baca Juga: Waspada! Begini 4 Hal Penyebab Periode Menstruasi Jadi Lebih Singkat

Hormon prostaglandin juga bisa menyebabkan dismenore atau nyeri haid. Selain itu, kontraksi rahum yang berat juga bisa memicu nyeri perut yang menjalar hingga punggung bagian bawah. Wanita yang mengalami endometriosis juga rentan mengalami nyeri punggung bawah selama menstruasi.