Sering kali kita lupa kapan kita membeli make up dan enggak tahu jika make up yang kita gunakan ternyata sudah dalam masa expired

Apalagi untuk beberapa barang yang jarang digunakan sehari-hari. Dan terkadang, tanggal expired pada make up hanya tercantum pada kemasan box yang sudah dibuang sejak hari pertama beli. 

Tapi tanggal expired yang tercantum di kemasan juga belum tentu bisa sesuai, boleh jadi lebih cepat karena siklus penggunaan kamu yang membuat make up tersebut lebih mudah terpapar udara dan mudah basi.

Lalu, gimana caranya supaya tahu kalau make up yang kita gunakan masih layak pakai atau seharusnya sudah tergeletak di tempat sampah? 

1. Maskara

Maskara menjadi barang yang paling digunakan untuk memperlentik bulu mata. Durasi pemakaian maskara kira-kira dua hingga tiga bulan.

Karena ujung tutup maskara terdapat sikat untuk mengaplikasikan ke mata, setiap kemasan maskara terbuka, maka masuk udara ke dalamnya yang membuat liquid maskara mengering dan membusuk.

Jika maskara kamu mengelupas, menggumpal, mengering, atau berbau, saatnya untuk beli yang baru!

2. Eye Shadow

Durasi pemakaian eye shadow cukup lama, yaitu satu hingga dua tahun.

Tetapi kamu harus sering-sering mengganti atau membersihkan brush untuk eye shadow karena kalau dibiarkan kotor, kotoran bisa terbawa ke mata dan menjadi iritasi karena mata kotor.

Jika eye shadow kamu hancur, mengering, atau tampak kehilangan pigmentasinya, itu tanda-tanda eye shadow sudah enggak layak pakai.

3. Eyeliner Pinsil

Bisa dipakai sampai dua tahun.

Pokoknya, kalau warna eyeliner sudah enggak bagus seperti dulu, enggak menempel di kulit dan sering patah-patah, kamu harus ganti eyeliner kamu.

4. Eyeliner Cair

Durasi penggunaan eyeliner cukup cepat, antara dua hingga tiga bulan saja.

Eyeliner cair lebih cepat mengering dan berbau yang enggak sedap dan enggak ada cara untuk mengawetkan eyeliner selain beli yang baru.

5. Concealer

Waktu pemakaian selama satu tahun.

Concealer biasa digunakan dengan brush atau langsung dari kulit tangan ke kulit wajah dan keduanya mempunyai potensi yang besar dalam penularan bakteri 

6. Blush

Blush Bubuk bertahan dua tahun sedangkan blush krim bertahan satu tahun.

Jika krim atau blush tabur kamu menjadi keras dan berkapur, jangan lagi dipakai, ya!

7. Lipstik

Lipstick dapat digunakan selama satu tahun. 

Perhatikan baik-baik kapan kamu membeli masing-masing lipstickmu, karena mayoritas orang mempunyai lipstick lebih dari satu dan dibeli pada waktu yang berbeda.

Lipstick (termasuk lipcream dan liptint) jika sudah terasa kering dan membuat bibirmu pecah-pecah, lebih baik jangan digunakan lagi. Terkadang lipstick yang sudah basi juga tercium dari baunya yang berubah.

8. Brush

Brush atau kuas bisa bertahan lama tergantung pemakaiannya. Tapi ingat, brush harus sering-sering dibersihkan dan jika bulu dari kuasnya mulai rontok dan membuatmu enggak nyaman dalam menggunakannya, yuk diganti brushnya yuk!

9. Spons

Hampir sama dengan brush, durasi penggunaan spons juga tergantung dari pemakaiannya dan spons juga harus sering dibersihkan.

Baca Juga: Make Up Nagita Slavina: Punya Lip Glow yang Sama dengan Bella Hadid sampai Face Wash Murah Milik Sejuta Umat

Jika spons ternoda secara permanen oleh alas bedak, atau terkena noda lainnya seperti eyeliner secara enggak sengaja, mulai berbau aneh, dan bentuknya sudah enggak banget, kamu tahu kan apa yang harus dilakukan? Diganti dengan yang baru.