Menu

5 Tanda Diabetes pada Anak yang Sering Diabaikan, Please Perhatikan Demi Keselamatan Buah Hati!

21 Oktober 2022 21:56 WIB
5 Tanda Diabetes pada Anak yang Sering Diabaikan, Please Perhatikan Demi Keselamatan Buah Hati!

Alat cek gula darah. (Pixabay/Steve Buissinne)

HerStory, Jakarta —

Gak cuma pada orang dewasa, diabetes juga dapat terjadi pada anak-anak, lho. Meski belum diketahui penyebabnya secara pasti, para ahli menduga bahwa penyakit ini dipicu oleh riwayat keluarga, paparan dini terhadap infeksi, dan gangguan autoimun dapat menjadi penyebab diabetes pada anak-anak.

Hal inilah yang menyebabkan diagnosis dini dan pengobatan awal anak dengan diabetes sangat penting. Diabetes tipe 1 menunjukkan gejala dengan cepat dalam beberapa minggu sementara gejala diabetes tipe 2 berkembang perlahan seiring waktu. Sebagai orang tua, sebaiknya waspada beberapa tanda diabetes pada anak, ya.

Kira-kira apa saja tanda yang menunjukkan anak mengalami kondisi ini? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini, Moms!

Kelaparan ekstrem

Jika anak selalu lapar bahkan asupan makanan yang berlebihan gak dapat mencukupinya, konsultasikan dengan ahli medis karena itu mungkin merupakan tanda diabetes. Tanpa insulin, tubuh gak dapat menggunakan glukosa untuk energi, dan kekurangan energi ini menyebabkan rasa lapar meningkat.

Sering merasa haus

Jika anak sering merasa haus dan menunjukkan hasrat ingin makan yang lebih besar, sebaiknya Moms periksakan anak ke dokter.

Lemas

Moms perlu waspada jika anak mengeluh lemas padahal gak melakukan aktivitas berat. Ada baiknya Moms melakukan pemeriksaan ke dokter dan cek gula darah anak.

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Ini pada Kulit Jika Kamu Terkena Serangan Diabetes!

Baca Juga: Penelitian: Pasien Corona yang Memiliki Riwayat Diabetes Risiko Kematiannya Lebih Tinggi, Ini Penjelasan Ahli

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.