Moms, tingkat kecerdasan atau IQ pada anak ternyata bisa dibentuk sejak di dalam kandungan, lho! salah satu cara yang bisa Moms coba ketika hamil adalah dengan mengonsumsi lebih banyak vitamin D. Menurut dokter spesialis Kebidanan dan Kandungan RSIA Brawijaya Antasari, dr. Sandy Prasetyo Sp. OG mengatakan bahwa vitamin D merupakan nutrisi yang penting untuk membantu perkembang otak anak.

Pernyataan ini dibuktikan dengan sebuah penelitian yang diterbitkan di dalam Journal of Nutrition. Di dalam penelitian tersebut, peneliti menemukan bahwa kadar vitamin D yang lebih tinggi dalam masa kehamilan bisa membuat skor IQ pada anak menjadi lebih tinggi.

Pigmen melanin yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, namun dengan menghalangi Sinar UV melanin juga mampu memproduksi vitamin D pada kulit. Ilmuwan di Departemen Kesehatan Anak, Perilaku, dan Perkembangan di Seattle Children’s Research Institute, Melissa Melough dengan timnya menggunakan sebuah data dari kelompok di wilaya Tennessee yang disebut CANDLE. 

Peneliti CANDLE ini mengajak wanita hamil untuk bergabung dalam penelitian yang dimulai pada tahun 2006 dan mencoba mengumpulkan berbagai informasi dari waktu ke waktu mengenai kesehatan dan juga perkembangan anak mereka.

Setelah mengendalikan beberapa faktor lain yang terkait dengan IQ, kadar vitamin D yang lebih tinggi dalam kehamilan dikaitkan dengan IQ yang lebih tinggi pada anak-anak usia 4 hingga 6 tahun.

Baca Juga: Moms Sering Sakit Maag di Masa Kehamilan? Tenang, Atasi dengan Cara Ini, Yuk!

Boleh dicoba, nih, Moms!