Terlambat haid memang sering dikaitkan dengan kehamilan. Namun, terlambat haid juga enggak bisa semerta-merta menentukan apakah orang tersebut hamil, lho.

Nyatanya banyak alasan lain yang menjadi penyebab haid datang terlambat. Hmm, apa aja sih penyebabnya? Melansir dari Healthline (5/11/2020), HerStory sudah merangkum apa saja yang menjadi penyebab haid bisa datang terlambat. Discroll, yuk!

1. Berat badan rendah

Biasanya wanita selalu menginginkan tubuh yang kurus, tetapi tubuh kurus justru mempengaruhi siklus menstruasi, lho! Terutama seseorang yang mengalami gangguan makan seperti anoreksia akan membuat siklus menstruasi menjadi enggak teratur dan sering terlambat. Jika kamu sering telat datang bulan dan memiliki berat badan yang rendah, segeralah konsultasikan ke dokter untuk melakukan terapi dan pengobatan.

2.Obesitas

Enggak hanya wanita berbadan kurus saja yang akan mengalami terlambat haid. Wanita yang kelebihan berat badan pun berisiko mengalami haid yang terlambat. Untuk itu pentingnya berolahraga agar berat badan dapat normal dan seimbang sehingga enggak mengganggu siklus menstruasi.

3. Stres

Menjaga kesehatan mental memang penting. Jika kamu selalu sibuk dan memiliki rutinitas yang berubah bisa membuat hormon kortisol meningkat sehingga menjadi stres. Saat kamu stres, bagian dalam otak sangat berkaitan dalam proses menstruasi. Jika kamu stres dalam waktu yang lama, besar kemungkinan akan ada perubahan berat badan seperti menurun atau meningkatnya berat badan sehingga mempengaruhi siklus haid.

Baca Juga: Waspada! Begini 4 Hal Penyebab Periode Menstruasi Jadi Lebih Singkat