Kulit yang dehidrasi tentu berbeda dengan kulit kering. Kulit dehidrasi biasanya disebabkan oleh faktor eksternal, kondisi ini terjadi ketika jaringan kulit kekurangan mineral sehingga kelembaban kulit menurun.

Menyembuhkan kulit yang dehidrasi hanya dengan produk skincare merupakan hal yang salah. Kulit dehidrasi butuh kandungan air yang dikonsumsi secara rutin untuk pengembalian hidrasi kulit dari dalam tubuh.

Faktor-faktor yang membuat kulit dehidrasi antara lain:

- Paparan sinar matahari secara langsung

- Terlalu sering di dalam ruangan ber-AC

- Kulit melakukan eksfoliasi berlebihan

- Kurang mineral (jarang minum)

Kulit yang dehidrasi mudah terlihat dengan jelas. Berikut ini adalah tanda-tanda kulitmu mengalami dehidrasi. Jika merasa kulitmu mengalami gejala tersebut, cepat untuk melakukan tindakan seperti meminum air putih dan memakai produk kecantikan yang sesuai.

1. Kusam 

Kulit kusam dapat kamu atasi dengan penggunaan masker clay mask yang sudah teruji dapat mencerahkan kulit wajahmu dengan instan.

2. Kulit enggak elastis

Cara menjaga elastisitas kulit wajah secara alami dengan mengkonsumsi vitamin untuk keelastisan kulit, kolagen, retinol dan retinoid, dan olahraga. 

Menggunakan toner eksfoliasi secara teratur juga bisa melakukan pergantian sel agar sel kamu yang rusak bisa terganti dengan sel-sel kulit baru.

3. Kerutan

Kulit kerutan biasanya dari faktor usia, tapi bisa juga di umur muda, kamu mengalami penuaan dini. Penuaan dini terjadi karena kamu malas minum air putih, malas berolahraga, posisi tidur yang lebih dominan ke satu sisi, dan jarang menggunakan pelembab juga sunscreen.

4. Mudah jerawatan

Mencegah kulit agar enggak jerawataan cukup mudah dengan membersihkan riasan sampai bersih, rajin mencuci wajah, menghindari produk kosmetik yang mengandung banyak minyak, dan menghindari stres. 

Pencegahan di atas berlaku untuk wajah yang memang sebelumnya belum pernah mengalami masalah jerawat akut.

5. Kulit kasar

Selain kekurangan mineral, kulit kasar juga terjadi karena penggunaan suhu air yang terlalu panas untuk membasuh muka. Kamu bisa menggunakan moisturizer, krim anti peradangan, dan hydrating toner.

Baca Juga: Jangan Asal Ikuti Tren, Ini Fakta 'Puasa Skincare' yang Perlu Kamu Tahu

Mengkonsumsi air mineral yang cukup sangat penting bagi kesehatan tubuh terutama kulit. Jangan sampai kamu malas untuk minum dan menyesal di kemudian hari.