Beauty, apakah kamu pernah merasakan keluar angin bukan dari anus, tetapi dari organ intim? Ternyata kentut juga bisa keluar dari vagina. Tapi, bagaimana mungkin?

Kentut vagina atau queef, suatu hal yang normal terjadi pada wanita namun kerap enggak disadari. Queef ini dianggap sebagai hal biasa seperti angin lewat atau wanita yang merasakannya malah mengira kalau mereka salah menduga karena lubang anus dan vagina yang berdekatan.

Terkadang hal itu juga terjadi dalam gerakan solat dari sujud ke duduk atau sebaliknya. Banyak yang mengira itu kentut dan solatnya menjadi enggak sah, padahal berbeda.

Beda dengan kentut biasa yang keluar karena kondisi alami saat tubuh memproduksi gas yang berlebih, penyebab kentut dari vagina karena adanya udara yang masuk ke dalam lubang vagina. Saat udara tersebut keluar, rasanya seperti kentut.

Penyebab kentut vagina cukup beragam. Bagaimana cara mengetahuinya dan membedakannya?

Hubungan Intim

Penyebab pertama kentut vagina yang paling umum terjadi saat berhubungan intim. Disebabkan oleh adanya udara yang terperangkap di dalam vagina saat terjadinya penetrasi penis. Suara-suara yang terdengar seperti kentut kecil merupakan suara udara yang keluar karena proses hubungan intim.

Kelemahan Otot Dasar Pinggul

Otot vagina yang melemah dapat menyebabkan kentut vagina. Kelemahan otot ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti proses persalinan, pertambahan usia, kelebihan berat badan dan mengejan terlalu kuat saat buang air besar.

Benda yang Masuk ke dalam Vagina

Benda-benda yang dimasukkan ke dalam vagina, seperti menstrual cup dapat menyebabkan udara terperangkap di dalamnya dan menimbulkan kentut vagina. Tenang, sekali lagi, ini hal yang wajar.