Bibir memang perlu dijaga kelembapannya supaya tak menjadi kering dan pecah-pecah. Untuk itu, salah satu cara menjaga kelembapan bibir adalah dengan menggunakan lip balm.

Lip balm sangat mudah ditemukan bahkan dengan berbagai variasi rasa yang menarik. Namun, justru semakin banyaknya variasi ini bisa berakibat buruk bagi bibir, lho!

Untuk itu, Beauty perlu tahu apa saja yang harus dihindari saat membeli lip balm agar kesehatan bibir tetap terjaga. Mengutip dari berbagai sumber, yuk intip apa saja kandungan yang harus dihindari saat memilih lip balm.

1. Parfum

Sekarang ini sudah banyak lip balm dengan berbagai variasi misalnya buah-buahan, bubble gum, vanilla dan lain sebagainya dengan aroma yang manis. Akan tetapi, lip balm yang memiliki aroma inilah yang perlu diperhatikan kandungannya. Tak jarang lip balm mengandung parfum atau wewangian sesuai variasi yang ditawarkan. Nah, jika bibir kamu enggak cocok dan sensitif, lip balm justru membuat bibir menjadi iritasi dan alergi.

2. Phenol atau menthol

Lip balm bisa memberikan sensasi dingin dan segar pada bibir? Hati-hati lho, Beauty! Lip balm yang mengandung phenol atau menthol memang lebih membuat bibir terasa segar akan sensasi dinginnya. Namun, dua kandungan ini bisa membuat bibir iritasi hingga menjadi sensitif terhadap kondisi  lingkungan.

3. Vitamin E

Mendengar kata vitamin E tentunya membuat kita berpikir bahwa lip balm tersebut memberikan efek positif bagi bibir. Namun, nyatanya tak jarang orang-orang alergi terhadap lip balm yang mengandung vitamin E ini. Jika kamu masih ragu apakah memiliki alergi terhadap vitamin E, disarankan untuk menghindari menggunakan lip balm tersebut. 

Baca Juga: Beauty, Hati-hati! Jika Tanda Ini Muncul, Segera Buang Makeupmu!

Inilah kenapa penting melihat kandungan apa saja yang ada dalam lip balm agar tak merusak kesehatan bibir. Jika bibir kamu masih terasa kering meskipun sudah menggunakan lip balm, lebih baik segera konsultasikan ke dokter untuk menemukan permasalahannya. Semoga bermanfaat!