Beauty, merawat rambut memang gampang-gampang susah, ya. Meskipun sudah rajin keramas dan menggunakan kondisioner masih saja rambut sering kusut dan mengembang. Duh, kok bisa ya?

Rambut yang mengembang ini bisa disebabkan karena kelembaban udara. Akan tetapi, bisa jadi rambut kamu yang kusut dan mengambang ini dikarenakan hal lain. Mengutip dari berbagai sumber pada Jumat (6/11/2020), HerStory sudah merangkum penyebab rambut bisa kusut dan mengembang.

1. Sering keramas menggunakan air panas

Mandi menggunakan air panas memang membuat nyaman. Namun, kamu harus ketahui suhu air yang kamu gunakan. Jika kamu keramas menggunakan air yang terlalu panas, hal ini dapat menyebabkan minyak rambut alami menjadi haling dan lebih mudah kusut. Beauty sering mandi air panas? Bisa jadi lho ini penyebab rambut kamu sering kusut dan mengembang!

2. Terlalu sering memegang rambut

Kamu sering memegang rambut kamu? Hentikan deh mulai sekarang! Terlalu sering menyentuh rambut bisa membuat rambut menjadi berantakan dan kusut. Jika ingin merapikan rambut lebih baik dilakukan saat kondisi rambut dalam keadaan setengah kering. Namun, jika rambut kamu sudah kering lebih baik jangan disisir dan disentuh karena hanya membuatnya mengembang dan lebih cepat kusut.

3. Mengeringkan rambut menggunakan handuk

Hampir semua orang tentunya mengeringkan rambut menggunakan handuk sehabis mandi. Akan tetapi, cara ini justru membuat rambut kamu lebih cepat kusut dan mengembang, lho! Hal ini dikarenakan mengeringkan rambut menggunakan handuk dapat membuat kutikula rambut jadi kasar hingga kusut dan megembang.

Lebih baik menggunakan handuk berbahan microfiber atau kanebo karena lebih aman untuk rambut. Perlu diingat jangan pakai kanebo bekas, ya!

Baca Juga: Ampuh Melembapkan dan Melembutkan Rambut, Simak Manfaat Minyak Argan untuk Kesehatan Kulit Kepala