Setiap ibu tentunya ingin memberikan ASI eksklusif kepada sang buah hati. ASI mengandung nutrisi lengkap yang penting untuk tumbuh kembangnya dan beberapa nutrisi lain yang tak didapatkan dari makanan lain. Namun pada kenyataannya, tak semua bisa mewujudkan hal tersebut karena berbagai alasan. 

Agar tetap bisa memenuhi nutrisi si kecil, susu formula menjadi alternatif yang mau tak mau harus dipilih. Memilih susu formula yang cocok untuk bayi butuh ketelitian ekstra. Sebab jika salah, akan mempengaruhi kesehatan terutama pencernaannya. Merangkum dari berbagai sumber, Jumat (6/11/2020) berikut tips memilih susu formula untuk bayi.

1. Pilih yang Sesuai Usia. 

Pastikan juga Moms memilih jenis susu formula yang disesuaikan dengan usia anak. Setiap jenis susu diformulasikan sesuai dengan kebutuhan anak berdasarkan usianya masing-masing. Susu formula untuk bayi baru lahir memiliki komposisi vitamin dan mineral yang berbeda dari formula yang ditujukan untuk anak berusia 6 bulan atau balita. Jadi, pastikan Moms tak salah membelinya. 

2. Perhatikan jenis protein

Jenis protein yang paling disarankan adalah whey, namun Moms bisa memilih produk susu formula yang menggabungkan jenis protein whey dan casein. Komposisi whey harus lebih tinggi daripada kasein, yaitu sekitar 60:40. Rasio itu setara dengan kandungan protein pada ASI. 

3. Perhatikan komposisi gula

Satu hal yang paling ditakutkan orang tua kebanyakan mengenai susu formula adalah kandungan gulanya. Tenang, tak semuanya tinggi gula kok Moms. Banyak merek susu formula khusus anak di bawah satu tahun yang dibuat plain alias tanpa rasa. Lalu, pastikan komposisinya mendekati ASI, meski tak 100% serupa. Setidaknya susu formula tersebut memiliki kandungan zat besi, AHA, DHA, LA, Omega 3 dan 6, serta berbagai macam vitamin lain yang membantu tumbuh kembang bayi.

Baca Juga: Bumil Waspada! Infeksi COVID-19 Bisa Sebabkan Kelahiran Prematur