Selain untuk mengharumkan badan, sabun juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit. Karenanya kamu jangan memilih sabun berdasarkan aromanya saja. Pilihlah berdasarkan tipe kulitmu.

Saat kulitmu tak cocok dengan sabun yang kamu pakai, periksa lagi kandungannya apakah sesuai dengan kebutuhan kulitmu? Kalau sabunmu tak cocok, bisa-bisa kulit mengalami iritasi seperti gatal-gatal. Mengutip dari popbela, Jumat (6/11/2020) berikut tips memilih sabun mandi yang bagus.

1. Kulit Kering

Kulit kering biasanya ditandai dengan kulit yang mudah bersisik, mudah gatal, dan cenderung terlihat kusam. Buat kamu yang memiliki jenis kulit seperti ini, sebaiknya hindari sabun yang memiliki terlalu banyak deterjen dan sabun anti bakteri karena akan membuat kulit semakin kering. Sebaiknya, pilihlah shower cream yang memiliki label moisturizing atau melembabkan. Sabun yang mengandung shea butter atau susu juga bisa jadi pilihan.

2. Kulit Sensitif

Hampir sama dengan kulit kering, kulit sensitif pun mudah terkena iritasi, mudah gatal dan bersisik, dan bisa muncul kemerahan jika terkena produk yang tidak sesuai dengan kulit. Bagi kamu pemilik kulit sensitif, hindari sabun yang mengandung terlalu banyak pewangi atau parfum karena bahan yang satu ini dapat menyebabkan alergi. Sabun bayi jadi salah satu pilihan yang tepat untuk jenis kulit sensitif. Jika kamu ingin menggunakan sabun cair, sabun yang mengandung vitamin E dan sedikit deterjen bisa dicoba.

Baca Juga: Punya Kulit Kering? Ini Tips Memilih Sabun Mandi yang Tepat!