Beauty, apakah kamu pernah menggunakan aplikasi kencan daring di gawaimu? Beberapa waktu lalu, sebuah penelitian menemukan bahwa menggunakan aplikasi kencan daring bisa menyebabkna masalah mental yaitu kecemasan. Kondisi ini cenderung lebih sering terjadi kepada wanita.

Menurut artikel yang dilansir (07/11) dari Healthshots mengatakan bahwa depresi dan juga kecemasan sosial memiliki keterkaitan dengan penggunaan aplikasi kencan daring tersebut. Studi ini sudah diterbitkan di dalam jurnal pre-view Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking.

Di dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa wanita memiliki kecenderungan lebih banyak mengalami dampak buruk kesehatan mental dari memainkan aplikasi kencan daring baik sebelum atau sesudah menggunakan.

Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa wanita sangat mudah terpengaruh oleh tekanan sosial sehingga kesehatan mental mereka menjadi mudah terpengaruh. 

"Dengan meningkatnya gejala kecemasan sosial dan depresi, perempuan mungkin lebih cenderung beralih ke teknologi untuk melakukan hubungan sosial (termasuk aplikasi kencan)," kata Martin Antony dan rekan penulis dari Ryerson University seperti yang dilansir dari Healthshots.

Berbeda dengan wanita, semakin besar kecemasan sosial dan gejala depresi pada pria maka akan semakil kecil kemungkinan mereka akan memulai kontak jodoh di aplikasi kencan daring di gawai.

Baca Juga: Asik! Sequis Hadir untuk Bantu Kamu Atasi Kecemasan di Tengah Pandemi Lho!

"Dengan aplikasi kencan seluler yang semakin berkembang dalam lanskap kencan saat ini, studi penelitian seperti yang dilakukan oleh Profesor Antony sangat penting untuk memahami manfaat serta kekurangan aplikasi kencan itu sendiri," kata Pemimpin Redaksi Brenda K Wiederhold, PhD, MBA, BCB, BCN, Interactive Institut Media, San Diego, California dan Institut Medis Realitas Virtual, Brussels, Belgia.