Moms, orangtua yang memiliki anak kembar tentunya menghadapi tantangan tersendiri. Lantaran terdapat perbedaan pola asuh saat mengurus anak kembar dengan anak lainnya. Anak kembar punya kemiripan yang sangat besar satu sama lain, baik dari segi wajah ataupun fisiknya, sampai-sampai orang tua lupa bahwa anak kembar sekalipun tetap memiliki perbedaan.

Taukah Moms, jika anak kembar selalu diperlakukan sama, mereka tak akan bisa berkembang sesuai dengan pribadinya masing-masing. Merangkum dari berbagai sumber, Minggu (8/11/2020) begini tips pola asuh saat mengurus si kembar!

1. Tak Melulu Harus Bersama

Anak kembar sebaiknya jangan dipaksa untuk selalu bersama. Misalnya, ketika memilih sekolah atau jurusan kuliah. Bahkan, sesederhana membelikan baju pun juga hindari pemikiran untuk membuat mereka “sama”. Biarkan anak memilih warna baju yang disukai, sekolah mana yang ingin dimasuki, atau jurusan kuliah apa yang sesuai dengan minatnya. Sebagai orangtua, Moms perlu mendukung mereka, selama itu baik dan tak berbahaya. 

2. Jangan Membanding-bandingkan

Orangtua dengan anak kembar sering kali, secara tak sadar, membanding-bandingkan satu sama lain. Hanya karena lahir dan tumbuh berbarengan, bukan berarti anak kembar akan punya tahapan tumbuh kembang yang sama. Sebaiknya, hindari kebiasaan ini. Anak kembar bukanlah “satu paket” yang semuanya harus sama. Sambil terus memberi stimulasi, biarkan anak kembar tumbuh dengan keistimewaannya masing-masing. 

Baca Juga: Moms, Simak Tips Hilangkan Bau Tak Sedap di Dapur Biar Masak Jadi Lebih Nyaman