Menu

Beauty Wajib Tahu dan Jangan Sepelekan, Ini 4 Tanda Kanker Rahim yang Sering Gak Disadari

01 November 2022 15:10 WIB
Beauty Wajib Tahu dan Jangan Sepelekan, Ini 4 Tanda Kanker Rahim yang Sering Gak Disadari

Ilustrasi perut mulas. (Freepik/kroshka_nastya)

HerStory, Bandung —

Salah satu kanker yang paling umum menyerang organ reproduksi wanita adalah kanker rahim. Kanker ini dikenal sebagai kanker endometrium. Pasalnya, kanker rahim sulit diketahui gejalanya sejak dini.

Hal tersebut pun membuat beberapa pasien mengalami keterlambatan untuk menangani kanker rahim yang dideritanya. Untuk mengatasi hal tersebut, coba simak beberapa gejala awal ini agar dapat diatasi sejak dini.

1. Pendarahan yang tak wajar

Tanda paling umum dari kanker rahim adalah pendarahan vagina diluar periode menstruasi normal. Bisa saja hal ini ditandai dengan ketidakteraturan jadwal menstruasi. Oleh karena itu, jika ada hal yang gak wajar sebaiknya segera lakukan pemeriksaan medis, ya.

2. Nyeri saat berhubungan seksual

Gejala lain yang mungkin timbul adalah munculnya nyeri area panggul saat berhubungan seksual hingga terjadi pendarahan setelahnya. Mungkin nyeri yang timbul samar sehingga sering diabaikan. Namun, jika kondisi ini terus terjadi hingga mengganggumu, maka segera lakukan pemeriksaan.

3. Rasa kembung terus menerus

Kanker rahim juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang gak biasa. Tak hanya itu, penderita biasanya merasakan kembung hingga kenyang tak tak biasa. Misalnya hanya makan sedikit namun sudah merasa kenyang dalam takaran yang tak normal.

4. Masalah pencernaan sebagai indikasi kanker stadium lanjut

Salah satu hal yang menyebabkan kanker rahim sulit untuk dideteksi adalah penyakit ini kerap disalah artikel sebagai masalah pencernaan, misal refluks lambung atau sindrom iritasi usus besar (IBS). Gejala yang muncul seperti mual, muntah, hingga masalah pencernaan lainnya.

Baca Juga: Cegah Kanker Rahim dengan Vaksin HPV, Ini Pengertian Serta Manfaatnya

Baca Juga: Wanita yang Telah Menopause Ternyata Berisiko Mengalami Kanker Rahim, Ini Gejala yang Harus Diwaspadai

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.