Beauty, masih banyak wanita yang menghiraukan kebersihan alat makeup. Salah satunya adalah makeup brush. Kamu biasanya menyepelekan hal ini karena tak sempat atau malas.

Padahal, membersihkan brush secara teratur akan membuatmu nyaman saat memakainya. Simak beberapa alasan kenapa brush makeup harus dibersihkan secara berkala. Mengutip dari laman beautynesia, Minggu (8/11/2020) Ini yang akan terjadi saat kamu tak membersihkannya!

1. Memicu Jerawat

Malas mencuci brush bisa membuatmu mengalami masalah kecantikan salah satunya jerawat. Ketika, kamu menggunakan brush yang kotor dan belum dicuci, perlu diingat bahwa ada banyak kuman dan bakteri yang menempel pada bulu-bulunya. Kuman dan bakteri ini akan berpindah ke kulit kamu. Selain itu, sisa-sisa makeup yang menemempel di brush juga bisa menyumbat pori-pori wajah kamu. Alhasil, kulit menjadi berkomedo dan berminyak.

2. Iritasi Kulit

Selain jerawat, kamu juga bisa mengalami masalah kecantikan lainnya yaitu iritasi kulit. Iritasi kulit bisa disebabkan karena reaksi kulit dengan kuman, bakteri, dan debu yang menempel di brush makeup. Selama kamu masih malas mencuci brush dan menggunakan brush yang kotor, jangan heran bila kulitmu menjadi gatal, memerah, berbintik, perih, hingga terluka.

Baca Juga: Enggak Pakai Ribet, Ini 5 Langkah Mudah Bersihkan Kuas Makeup yang Bisa Kamu Tiru, Catat Baik-Baik Ya!