Menu

Jangan Abaikan! Kesemutan Bisa Jadi Tanda Kamu Mengidap Diabetes Lho, Ini 7 Tanda Lainnya yang Muncul di Kaki

01 November 2022 14:59 WIB
Jangan Abaikan! Kesemutan Bisa Jadi Tanda Kamu Mengidap Diabetes Lho, Ini 7 Tanda Lainnya yang Muncul di Kaki

Ilustrasi timbul bercak merah pada kaki. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Tak dipungkiri, diabetes menjadi slaah satu penyakit yang ditakuti. Pasalnya, penyakit ini dikenal sebagai bagian dari 'pembunuh senyap'. Oleh sebab itu, jangan sesekali meremehkan saat tubuh memiliki gejala penyakit diabetes.

Melansir dari Genpi, dr. Ema Surya Pertiwi mengatakan bahwa ketika gula darah dibiarkan terlalu tinggi, ini bisa menimbulkan berbagai komplikasi pada kesehatan tubuh. Berikut ini 7 gejala diabetes yang mucul di kaki, seperti dilansir dari kanal YouTube Emasupper, Minggu (30/10/2022).

1. Kaki mati rasa

Gula darah yang terlalu tinggi bisa menghalangi syaraf nyeri, sehingga kaki terasa mati rasa. Gejala yang paling terlihat saat berjalan ataupun menginjak sesuatu akan tidak merasakan nyeri sama sekali.

Hal ini yang meningkatkan risiko terjadinya luka pada penderita diabetes. Bahayanya, saat kaki luka, maka tidak akan merasakan sama sekali.

2. Kaki terasa seperti ditusuk-tusuk

Moms, fungsi syaraf tak hanya mengontrol rasa panas dan dingin, tetapi termasuk rasa nyeri juga. Saat diabetes neuropati menyerang saraf yang memengaruhi rasa nyeri, penderita diabetes biasanya akan merasakan kaki seperti disayat.

Saat berjalan, biasanya telapak kaki terasa seperti tertusuk paku dan sangat tidak nyaman.

Baca Juga: Waspada! Begini Gejala Diabetes pada Wanita yang Sering Diabaikan

Baca Juga: Beauty Harus Tahu, 4 Gejala Diabetes pada Wanita yang Perlu Diwaspadai, Jangan Disepelekan Ya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman:

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari