Menu

Belajar dari Kasus Itaewon, Ini Cara Menyelamatkan Diri dari Kerumunan

01 November 2022 19:20 WIB
Belajar dari Kasus Itaewon, Ini Cara Menyelamatkan Diri dari Kerumunan

Ilustrasi kerumunan manusia. (Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Akhir-akhir ini ramai peristiwa di mana banyak orang yang kehilangan atau kesulitan bernapas saat berada di tengah kerumunan. Salah satu contohnya dalah tragedi pesta Halloween di Itaewon, seoul,Korea Selatan.

Situasi berkerumun memang bisa jadi hal yang menakutkan. Tak jarang, banyak orang yang kesulitan untuk melarikan diri. Akibatnya, banyak yang terjebak ditengah lautan manusia tersebut. 

Namun, untuk mengatasi hal tersebut, terdapat beberapa cara yang bisa Beauty lakukan jika terjebak diantara kerumunan orang-orang. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya:

1. Ikuti arus dan jangan mendorong

Jika muncul kepanikan dan ada yang saling mendorong, usahakan untuk mengikuti arus. Hal ini akan membantu untuk mencegah terjatuh di tengah kerumunan. Jangan pernah melawan arus dan terus ikuti arus sambil Beauty mengumpulkan energi.

2. Jalan menuju pintu keluar

Saat kerumunan mulai bergerak maju, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah arahkan diri ke pintu keluar atau jalur yang berpotensi jadi pintu keluar. Untuk itu, selalu perhatikan sekitar, ya!

3. Cari tempat untuk melindungi diri

Carilah struktur yang kokoh untuk berdiri di belakang seperti pilar atau dinding. 

4. Beri ruang bernapas

Sesak napas menjadi salah satu kondisi medis yang paling berpotensi terjadi di tengah kerumunan. Untuk menghindarinya, berikan ruang bernapas tepat di tengah wajah. Letakkan tangan di depan tubuh seperti posisi petinju. Pose ini diketahui sangat efektif untuk menghindari sesak napas saat terjebak di tengah kerumunan.

Baca Juga: Berkaca dari Tragedi Itaewon, Ini Cara Menangani Sesak Napas pada Seseorang Selain CPR

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.