Menu

Susu Kedelai Ternyata Bermanfaat Buat yang Sedang Diet, Ini Faktanya!

01 November 2022 20:35 WIB
Susu Kedelai Ternyata Bermanfaat Buat yang Sedang Diet, Ini Faktanya!

Ilustrasi susu kedelai (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Susu kedelai terkenal sebagai pengganti susu sapi ketika seseorang ingin melakukan diet. Jenis susu ini pun jadi susu yang terknal di tengah masyarakat. Namun, apakah sebenarnya susu kedelai memang bermanfaat ketika sedang menjalani diet? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Susu Kedelai untuk Diet

Susu kedelai terkenal akan kandungan protein yang sangat melimpah. Tidak hanya itu, susu kedelai yang berasal dari tumbuhan mempunyai sifat bebas kolesterol dan rendah lemak Tentunya sangat cocok dikonsumsi oleh kamu yang tidak bisa mengkonsumsi susu sapi. 

Berdasarkan penjelasan Science Daily, penelitian menunjukkan jika saat mengkonsumsi kedelai meningkat, justru berat badan bisa menurun. Sebagian kandungan kedelai adalah protein namun juga mengandung lemak dan karbohidrat dalam jumlah yang seimbang. Berikut adalah nutrisi yang terkandung untuk 100 gram kedelai rebus, diantaranya:

4,47 gram omega-6 

0,6 gram omega-3

5,06 gram lemak tak jenuh 

1,98 gram lemak tunggal 

1,3 gram lemak jenuh 

9 gram lemak 

6 gram serat 

3 gram gula 

9,9 gram karbohidrat 

16,6 gram protein 

63% air 

173 kalori 

Kandungan protein kedelai yakni 36-56i berat. Dalam 172 gram atau satu gelas kedelai rebus mengandung 29 gram protein. Nilai gizi protein dalam kedelai juga tergolong sangat bagus, walaupun kualitasnya tidak banyak protein hewani. 

Jenis protein utama pada kedelai yaitu conglycinin dan glycinin yang menyusun sebanyak 80i jumlah kandungan protein. Protein ini bisa memicu reaksi alergi untuk sebagian orang. Konsumsi protein kedelai sudah dihubungkan dengan sedikit penurunan kadar kolesterol. 

Lalu, kedelai juga diklasifikasikan menjadi biji minyak dan dipakai guna membuat minyak kedelai. Kandungan lemaknya sekitar 28i berat kering khususnya asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, dengan lemak jenuh yang sedikit. Jenis lemak yang paling dominan pada kedelai merupakan asam linoleat yang bisa mencapai 50i jumlah kandungan lemak. 

Untuk itu, dibandingkan dengan susu sapi, susu kedelai bisa mencegah obesitas jika dikonsumsi setiap harinya.

Baca Juga: Diet Blue Zone: Bikin Sehat dan Panjang Umur

Baca Juga: Gemuk karena Hobi Makan McD 4 Kali Sehari, Wanita Ini Diet Mati-Matian! Intip Transformasinya

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.