Menu

Awas, Kebanyakan Penderita Kanker Pankreas Merasakan Gejala Ini Terlebih Dulu, Cek Sekarang Beauty!

02 November 2022 05:45 WIB
Awas, Kebanyakan Penderita Kanker Pankreas Merasakan Gejala Ini Terlebih Dulu, Cek Sekarang Beauty!

Simbol pita peduli kanker. (pinterest/freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, dalam beberapa tahun terakhir, lebih banyak orang yang mengatasi peluang dan mengalahkan kanker

Dan meski penyakit ini menjadi lebih dapat diobati selama beberapa dekade terakhir karena kemajuan dalam kedokteran dan deteksi dini melalui skrining, kanker masih menjadi penyebab utama kematian kedua di Amerika Serikat setelah penyakit jantung.

Dan, salah satu penyebab utama keempat kematian terkait kanker di Amerika Serikat sendiri adalah kanker pankreas, Beauty.

Ronald Tang, DO Board bersertifikat Hematologi/Onkologi di Rumah Sakit Beverly dan Jaringan Kanker Los Angeles, mengatakan, kanker pankreas adalah kanker langka yang menyerang 13 dari 100.000 orang.

Namun sayangnya ia memiliki salah satu tingkat morbiditas tertinggi dari semua jenis kanker, karena fakta bahwa ketika didiagnosis, biasanya sudah lanjut atau metastasis.

Faktor Risiko Kanker Pankreas

Dr Tang menjelaskan, faktor risiko termasuk penyalahgunaan tembakau dan alkohol dengan pasien yang menderita pankreatitis kronis atau radang pankreas yang disebabkan oleh penggunaan alkohol atau batu empedu.

Mayo Clinic pun mengatakan, faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker pankreas meliputi merokok, diabetes, peradangan kronis pada pankreas (pankreatitis), riwayat keluarga dengan sindrom genetik yang dapat meningkatkan risiko kanker, termasuk mutasi gen BRCA2, sindrom Lynch, dan sindrom familial atypical mole-malignant melanoma (FAMMM), kegemukan, serta usia yang lebih tua, karena kebanyakan orang didiagnosis setelah usia 65 tahun.

Sebuah penelitian besar menunjukkan bahwa kombinasi merokok, diabetes yang berlangsung lama dan pola makan yang buruk meningkatkan risiko kanker pankreas di luar risiko salah satu dari faktor-faktor ini saja.

Baca Juga: Urine Bau dan Berwarna Gelap Jadi Tanda Bahaya, Awas Kanker Pankreas Mengintai Keselamatan Jiwa!

Baca Juga: Waduh! Perlu Waspada, Golongan Darah Ini Rentan Terkena Kanker Pankreas

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.