Menu

Gagal Ginjal Akut Masih Menyerang, Moms Jangan Pilih Obat yang Kayak Gini Ya...

02 November 2022 16:00 WIB
Gagal Ginjal Akut Masih Menyerang, Moms Jangan Pilih Obat yang Kayak Gini Ya...

ilustrasi anak susah minum obat (klikdokter/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Kasus gagal ginjal akut pada anak di Indonesia masih terus meningkat. Dugaannya dikarenakan kandungan etilen glikol dan dietilen glikol di dalam obat jenis sirup.

Oleh karena itu, Moms harus selalu berhati-hati saat membeli obat untuk si kecil. Jangan sampai salah pilih obat dan berakibat fatal untuk anak.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito meminta masyarakat, terutama orang tua untuk berhati-hati membeli obat. Ia juga meminta masyarakat enggak membeli obat di toko-toko online.

"Jangan beli obat online, banyak obat keras dijual murah tanpa resep dokter. Padahal itu jelas dilarang," kata Penny dalam konferensi pers secara daring pada Senin (31/10/2022).

Menurut Penny, obat yang dijual di toko online memang lebih murah, tapi enggak ada keterangan bahwa obat tersebut keras dan justru bisa membahayakan kesehatan tubuh.

"Jangan beli obat hanya karena harga murah. Memang yang dijual di online itu murah, tapi jangan beli karena harga," ujar Penny.

Baca Juga: Kasus Gagal Ginjal Akut pada Anak Melonjak, Kemenkes Minta Orang Tua Waspadai Sederet Gejala Ini, Please Jangan Abai Moms!

Baca Juga: Antisipasi Gangguan Ginjal Akut pada Anak, Dokter Kemenkes Sarankan Orang Tua Lakukan Hal Penting Ini, Catat Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.