Menu

Daun Pepaya Dikenal Sebagai Obat Ampuh Atasi Demam Berdarah, Yuk Moms Intip Manfaat Lainnya!

02 November 2022 13:53 WIB
Daun Pepaya Dikenal Sebagai Obat Ampuh Atasi Demam Berdarah, Yuk Moms Intip Manfaat Lainnya!

Daun pepaya. (Shutterstock/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beberapa wilayah di Indonesia sudah memasuki musim penghujan. Selain waspada pandemi Covid-19 yang belum usai, Moms kini harus bersiap menghadapi berbagai penyakit musim hujan.

Salah satu penyakit langganan musim hujan yaitu demam berdarah. Penyakit ini disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Beberapa orang percaya bahwa daun pepaya bisa mengobati demam berdarah.

Lantas, benarkah daun pepaya memiliki manfaat tersebut? Berikut ini 3 manfaat daun pepaya, seperti dilansir dari Healthshots, Rabu (2/11/2022).

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan alkaloid, papain, dan bahan kimia fenolik dalam daun pepaya bekerja sebagai antioksidan kuat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, Moms. Selain itu, papain yang dikombinasikan dengan zat lain juga membantu mencerna protein penting secara efisien dan dapat mengatasi masalah pencernaan.

Oleh sebab itu, daun pepaya sangat baik dikonsumsi oleh penderita demam berdarah untuk melawan virus.

2. Meningkatkan jumlah trombosit

Ekstrak daun pepaya bisa membantu meningkatkan jumlah trombosit pada pasien demam berdarah. Seperti diketahui, orang yang sehat memiliki jumlah trombosit lebih dari 100.000, sedangkan mereka yang terserang demam berdarah memiliki trombosit hanya 20.000.

Baca Juga: Efeknya Luar Biasa, Ini 5 Manfaat Minum Rebusan Air Pepaya, Salah Satunya Bisa Turunkan Hipertensi

Baca Juga: Bukan Hanya Enak Jadi Lalapan, Daun Pepaya Juga Bermanfaat Turunkan Hipertensi Lho Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari