Menu

Gak Semua Sayuran Sehat, Ini Sederet Sayuran yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

02 November 2022 19:55 WIB
Gak Semua Sayuran Sehat, Ini Sederet Sayuran yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Sayur bening daun kelor (Instagram/@bikinlaperttv)

HerStory, Bandung —

Sayuran adalah salah satu jenis makanan sehat yang memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Sayuran juga bisa mencegah berbagai penyakit jika dikonsumsi secara rutin.

Namun, bagi beberapa penderita penyakit tertentu, terdapat beberapa sayuran yang justru gak boleh dikonsumsi lho. Salah satunya adalah penderita diabetes. Diabetesi sebaiknya menghindari beberapa sayuran di bawah ini, diantaranya:

1. Brokoli

Sayuran mengandung sedikit karbohidrat, tapi juga mengandung banyak nutrisi yang membuat tubuh tetap sehat. Makan brokoli juga tidak akan menaikkan berat badan, karena memiliki kalori rendah. Brokoli juga mudah disandingkan dengan masakan apapun.

2. Tomat

Murah dan mudah diolah jadi keunggulan tersendiri bagi tomat. Terlebih, indeks glikemik tomat ini juga rendah, membuatnya cocok jadi panganan penderita diabetes. Tidak hanya itu, tomat juga mengandung antioksidan yang baik untuk jantung dan bisa dikonsumsi baik mentah ataupun dimasak.

3. Bayam

Sayuran hijau yang satu ini dikenal sebagai sayuran paling sehat, tidak hanya baik untuk penderita diabetes, tapi juga bagus untuk menurunkan berat badan. Sayur bayam juga mudah diolah dan hanya perlu waktu sebentar untuk memasaknya.

4. Bit

Bit mengandung nutrisi seperti vitamin C dan mineral penting untuk tubuh, seperti zat besi. Kaya akan antioksidan, bit adalah jenis sayuran akar yang bisa meningkatkan kekebalan tubuhmu.

5. Wortel

Kaya dengan nutrisi seperti protein dan serat, membuat wortel sangat cocok dikonsumsi oleh pendeirta diabetes. Bayangkan, nilai indeks glikemiknya hanya 39! Bandingkan dengan indeks glikemik kentang yang mencapai 82 atau nasi yang nilai indeks glikemiknya 72.

Itulah beberapa sayuran yang harus dihindari oleh penderita diabetes supaya kadar gula darah dalam darahnya tak semakin naik. Semoga bermanfaat ya Moms!

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Ini pada Kulit Jika Kamu Terkena Serangan Diabetes!

Baca Juga: Penelitian: Pasien Corona yang Memiliki Riwayat Diabetes Risiko Kematiannya Lebih Tinggi, Ini Penjelasan Ahli

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.