Menu

Cegah Kanker Prostat, Para Suami Sebaiknya Hindari Makan Ini di Pagi Hari

02 November 2022 21:10 WIB
Cegah Kanker Prostat, Para Suami Sebaiknya Hindari Makan Ini di Pagi Hari

Ilustrasi makanan yang baik untuk penderita penyakit ginjal. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bandung —

Makanan terkadang menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami gangguan kesehatan. Meskipun makanan sebenarnya memiliki berbagai nutrisi yang bisa bermanfaat bagi tubuh, namun jika mengonsumsi suatu makanan jenis tertentu terlalu sering justru bisa memicu penyakit lho.

Salah satu penyakitnya pun adalah kanker prostat. Dalam sebuah studi pada jurnal Cancer Prevention Research, ditemukan adanya hubungan konsumsi telur dengan risiko kanker prostat mematikan yang lebih tinggi secara signifikan. 

Temuan ini dirangkum dalam sebuah artikel oleh Osher Center for Integrative Health di University of California, San Francisco. Menurut sebuah studi prospektif yang diterbitkan dalam Cancer Prevention Research, pria sehat yang mengonsumsi 2,5 telur atau lebih per minggu 81 persen lebih berisiko menderita kanker prostat. 

"Para penulis berhipotesis bahwa ini disebabkan oleh tingginya tingkat kolesterol dan kolin dalam telur, yang keduanya sangat terkonsentrasi di sel kanker prostat," kata para peneliti dikutip dari Express. 

Para peneliti pun menyimpulkan bahwa konsumsi telur dapat meningkatkan risiko mengembangkan bentuk kanker prostat mematikan di antara pria sehat. 

Pada tahun 2012 sendiri, penulis studi asli melihat secara khusus kandungan kolin. Mereka menemukan bahwa pria dengan kuintil asupan kolin tertinggi (471 mg/hari) memiliki 70 persen peningkatan risiko kanker prostat yang mematikan. 

Meskipun kolin adalah nutrisi yang ditemukan di semua makanan hewani, itu lebih terkonsentrasi di telur pada 250 mg per telur. 

Sebuah meta-analisis yang diterbitkan pada tahun 2015 menunjukkan peningkatan risiko tidak hanya untuk kanker prostat tetapi juga kanker payudara dan ovarium bagi mereka yang mengonsumsi telur paling banyak.

Baca Juga: Lagi Depresi? Atasi dengan Konsumsi 6 Makanan Ini

Baca Juga: Dikenal Memiliki Segudang Manfaat, Ternyata Madu Berbahaya Dikonsumsi Ibu Hamil!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.