Terjadi sejak awal tahun, pandemi virus corona masih terus berlangsung hingga kini. Di sisi lain, vaksin untuk membasmi infeksi virus corona pun masih terus dikembangkan oleh berbagai pihak. Untuk itu, masyarakat diminta tenang terkait waktu rampungnya vaksin covid-19.

Prof. Wiku Adisasmito, Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 mengatakan bahwa sebelum diproduksi massal, vaksin akan dijamin keamanannya. Oleh sebab itu, pembuatan vaksin masih memerlukan waktu demi memaksimalkan kinerja dan keamanannya.

"Saya ingin menghimbau agar masyarakat tidak resah dan khawatir, karena pemerintah pasti akan menyediakan vaksin yang terbukti aman dan lolos uji klinis sesuai rekomendasi WHO (Organisasi Desehatan Dunia)," imbau Prof. Wiku dikutip dari Covid19.go.id.

Baca Juga: Nia Daniaty Diisukan Positif Corona, Pihak Keluarga Buka Suara!

Sementara vaksin tengah dikembangkan, Prof. Wiku kembali mengingatkan masyarakat untuk tetap patuhi protokol kesehatan 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak guna menekan angka kasus infeksi covid-19.

"Meski demikian kami berharap tidak semata-mata menunggu vaksin dan mengabaikan protokol kesehatan. Untuk saat ini, taat protokol kesehatan adalah satu-satunya jalan terhindar dari COVID-19," imbau Prof Wiku.