Menu

Gawat! 5 Obat Ini Jadi 'Biang Kerok' Kerusakan Ginjal, Bisa Fatal Akibatnya, Hati-hati Ya!

03 November 2022 10:00 WIB
Gawat! 5 Obat Ini Jadi 'Biang Kerok' Kerusakan Ginjal, Bisa Fatal Akibatnya, Hati-hati Ya!

Ilustrasi kumpulan obat. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Mengonsumsi obat-obatan menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan saat seseorang sedang merasa sakit. Namun, mengonsumsi obat itu enggak boleh sembarangan.

Pasalnya, ada beberapa obat yang justru bisa membahayakan kesehatan ginjal. Obat-obatan tersebut memiliki efek samping berbahaya bagi ginjal.

Melansir dari berbagai sumber (3/11/2022), berikut ini beberapa obat yang bisa merusak ginjal jika dikonsumsi sembarangan. Yuk, simak baik-baik, ya!

Antibiotik

Obat antibiotik, seperti aminoglikosida, sefalosporin, amfoterisin B, bacitracin, dan vankomisin bisa menyebabkan kerusakan ginjal.

Obat lambung

Obat asam lambung enggak boleh sembarangan dikonsumsi karena bisa merusak ginjal. Salah satu contoh obat yang merusak ginjal adalah cimetridine yang bekerja menurunkan produksi asam lambung.

Konsumsi vitamin berlebihan

Konsumsi vitamin memang penting, tapi enggak boleh sembarangan dan berlebihan, ya. Jika berlebihan, maka kinerja ginjal akan menjadi terlalu berat dan bisa merusak ginjal.

Baca Juga: Asik Nih! Untuk Kamu yang Punya Masalah Bekas Luka karena Operasi, Sekarang Sudah Ditemukan Obat Untuk Mengembalikan Kulit Mulusmu Lho!

Baca Juga: Inilah 5 Pengobatan Tradisional Untuk Mengatasi Depresi

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.