Menu

Sulit Tidur Saat Berada di Fase Menopause, Ini 4 Langkah yang Bisa Dilakukan Agar Tidur Nyenyak

03 November 2022 11:25 WIB
Sulit Tidur Saat Berada di Fase Menopause, Ini 4 Langkah yang Bisa Dilakukan Agar Tidur Nyenyak

Ilustrasi mau tidur. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Kebanyakan wanita akan rentan mengalami perubahan mood hingga kesulitan untuk tidur nyenyak ketika mereka mulai memasuki fase menopause.

Padahal, wanita yang mengalami menopause perlu mendapatkan pola tidur yang cukup untuk dapat meredakan mood swing serta kondisi tubuh yang tidak fit. Untuk itu, bagi Moms yang mengalami hal ini coba simak beberapa langkah berikut, diantaranya:

1. Jangan begadang

Menurut Dr Sohère Roked, seorang GP dan ahli hormon dari Omniya MediClinic, hormon tidur merupakan langkah awal untuk mempermudah wanita menopause untuk tidur. 

Hormon melatonin akan berproduksi pada waktu 10.00-02.00 pagi. Jadi Moms harus tidur sebelum tengah malam datang. Selain itu, buat suasana kamar menjadi segelap mungking ya!

2. Jangan main gadget

Hindari main gadget sebelum tidur. Pasalnya, sinar biru yang dipancarkan gadget akan mengganggu tidur. Hindari untuk main gadget setidaknya 30 menit sebelum tidur.

3. Jangan tidur siang terlalu lama

Dr Guy Meadows, seorang direktur klinis dari Sleep School dan Bensons for Beds, mengatakan bahwa mengatur pola tidur siang menjadi langkah penting untuk membantu wanita menopause mengelola waktu tidurnya.

Menurutnya banyak yang percaya kalau tidur siang bisa membuat seseroang sulit tidur di malam hari. Padahal, tidur siang selama 30 menit atau di tengah hari sekitar pukul 15.00 tidak menjadi masalah.

4. Gunakan pakaian yang nyaman

Ketika hendak tidur, alangkah baiknya Moms menggunakan pakaian yang nyaman untuk tidur. Pasalnya, hal ini bisa membantu wanita yang sedang menopause untuk dapat tidur dengan nyenyak.

Demikian informasi mengenai langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tidur nyenyak bagi wanita menopause. Semoga bermanfaat Moms!

Baca Juga: Wanita Wajib Tahu! Penelitian: Olahraga Teratur Dapat Mengurangi Risiko Berat Badan Naik saat Menopause

Baca Juga: Waduh! Wanita yang Menopause Dini Berisiko Alami Penyakit Jantung

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.