Menu

Waspada Virus HPV Mengintai Wanita! Bisa Sebabkan Kanker Serviks Lho Moms, Hati-hati Saat Gunakan Toilet Umum Ya, Begini Kata Dokter

03 November 2022 12:58 WIB
Waspada Virus HPV Mengintai Wanita! Bisa Sebabkan Kanker Serviks Lho Moms, Hati-hati Saat Gunakan Toilet Umum Ya, Begini Kata Dokter

Penggunaan Tisu Toilet

HerStory, Jakarta —

Pandemi Covid-19 belum reda total, kini kembali marak virus HPV atau Human Papilloma Virus yang menggegerkan masyarakat. Bagaimana tidak? Pasalnya virus ini bisa menyebabkan kanker serviks pada wanita Moms.

Melansir dari laman Suara.com, Kamis (3/11/2022), Dokter Spesialis Kandungan & Ginekologi, Dr. dr. Cindy Rani SpOG-KFER, toilet umum bisa jadi sarana penularan HPV. Ini karena toilet umum diakses oleh banyak orang.

Apalagi saat di toilet pada umumnya orang akan menyentuh area genital.

"Toilet secara umum siapa aja bisa pakai, mungkin saja saya yang terkena HPV, habis pakai disitu, habis cebok-cebok. Sekarang kenyataannya toilet umum nggak ada sabun dan lain-lain. Pencet flushnya. Tangan kita bisa kena genital nggak?, kena pasti," ujar Dr. Cindy dalam acara diskusi Pencegahan Kanker Serviks MSD di JS Luwansa, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (2/11/2022).

Tangan yang sudah menyentuh area genital ini akhirnya, memegang flush, selang toilet, hingga handle pintu. Apalagi ketiga benda itu umumnya juga akan disentuh oleh orang lain. Ditambah mirisnya tangan tersebut digunakan untuk cebok dan membersihkan area genital.

Baca Juga: Apa Itu Kanker Serviks?

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Keputihan Pertanda Kanker Serviks?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari