Kulit sensitif biasanya ditandai dengan munculnya kemerahan, kulit kering, iritasi, dan rasa gatal. Kondisi ini bisa terjadi saat menggunakan produk perawatan tertentu.

Akan tetapi, sering kali pemilik kulit sensitif ini salah atau tak tahu bagaimana memilih produk perawatan yang tepat. Bahkan mencoba-coba produk skincare hanya membuat kulit menjadi iritasi parah. 

Melansir dari berbagai sumber, ini dia beberapa kandungan produk kecantikan yang harus dihindari bagi pemilik kulit sensitif.

1.Asam salisilat

Asam salisilat dikenal ampuh menghilangkan jerawat, komedo, serta membersihkan pori-pori dari kotoran. Akan tetapi, jika kamu memiliki kulit sensitif, kandungan ini hanya akan memicu kulit sensitif kamu menjadi lebih parah.

2. Vitamin E

Mendengar kata vitamin tentunya kandungan yang memiliki manfaat bagi kulit. Dikenal untuk menghentikan oksidasi radikal bebas ternyata vitamin E dapat membuat kulit menjadi iritasi, kemerahan, dan gatal. 

3. Benzoil peroksida

Benzoil peroksida sering ditemukan dalam obat jerawat. Zat ini dikenal dapat membunuh bakteri-bakteri yang menjadi penyebab timbulnya jerawat serta mengurangi minyak pada kulit. Akan tetapi, meskipun memberi banyak manfaat dalam mengatasi jerawat, pemilik kulit sensitif harus menghindari zat ini karena dapat menimbulkan rasa sakit, kering, dan kasar pada kulit.

4. Retinol

Dapat membantu mengatasi masalah jerawat, meningkatkan produksi kolagen hingga membuat warna kulit menjadi rata,, ternyata retinol sangat tak dianjurkan bagi pemiliki kulit sensitif.  Retinol dapat memicu kulit menjadi kemerahan hingga terkelupas.

Baca Juga: Beauty, Hati-hati! Jika Tanda Ini Muncul, Segera Buang Makeupmu!