Menu

Hati-hati Kanker Hati, Ini Sederet Gejala yang Menyertai Penyakit Ini Beauty!

04 November 2022 08:01 WIB
Hati-hati Kanker Hati, Ini Sederet Gejala yang Menyertai Penyakit Ini Beauty!

Ilustrasi penyakit perlemakan hati atau fatty liver (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, perawatan kanker telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir dan selama tiga dekade terakhir, tingkat kelangsungan hidup telah meningkat. 

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) sendiri mengatakan, kanker adalah penyebab kematian kedua di Amerika Serikat, tetapi banyak jenis kanker dapat dicegah atau ditangkap lebih awal, seperti halnya kanker hati

Dr Afshin Safa, MD, FACR Direktur Medis Onkologi Radiasi di Leavey Cancer Center dan Direktur Medis Onkologi Radiasi di Leavey Cancer Center Associate Professor, Departemen Onkologi Radiasi di David Geffen School of Medicine di UCLA, mengatakan, karsinoma hepatoseluler (HCC) atau kanker hati adalah penyebab utama keempat kematian terkait kanker di dunia. 

Faktor Risiko Kanker Hati

Ronald Tang, DO Board bersertifikat Hematologi/Onkologis Los Angeles Cancer Network Beverly Hospital dan Los Angeles Cancer Network lantas mengatakan bahwa faktor risiko kanker hati termasuk individu yang memiliki sirosis apakah itu karena penyalahgunaan alkohol, infeksi hepatitis atau perlemakan hati. 

Karenanya, kamu dapat menurunkan risiko kanker hati dengan tidak minum alkohol bersama dengan makan makanan rendah lemak yang sehat dengan kontrol berat badan yang baik. Hepatitis dapat tertular melalui kontak seksual yang tidak aman dan penggunaan jarum suntik yang tidak bersih.

Dr. Safa menambahkan, kanker hati sering didiagnosis terlambat dalam perjalanannya karena dua alasan. Yakni, tak adanya gejala pada pasien dengan penyakit awal, dan pengawasan terbatas untuk pasien berisiko tinggi.

Baca Juga: Sakit Maag Gak Sembuh-sembuh? Waduh, Bisa Jadi Gejala Kanker Hati Lho!

Baca Juga: Hati-hati Beauty, Kata Ahli 5 Kebiasaan ‘Populer’ Ini Bisa Picu Kanker Hati, Nomer 3 Ngeri…

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.