Menu

Kasih Tahu PakSu Moms! Ternyata Penyakit Langka Ini yang Bisa Membuat Penis Pria Melengkung dan Picu Depresi Lho, Duh...

04 November 2022 09:55 WIB
Kasih Tahu PakSu Moms! Ternyata Penyakit Langka Ini yang Bisa Membuat Penis Pria Melengkung dan Picu Depresi Lho, Duh...

Illustrasi Penis Loyo (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Bogor —

Moms, ketika berbicara tentang kesehatan seksual, dibutuhkan banyak upaya untuk memecahkan kebekuan. Apa yang tik kita sadari dalam prosesnya adalah bahwa semakin kita menunda untuk membicarakannya, semakin besar risiko terkena penyakit yang dapat mempengaruhi kehidupan seks kita dan banyak lagi.

Dan, salah satu penyakit langka yang perlu diwaspadai oleh pria adalah penyakit Peyronie, Moms. Peyronie adalah suatu kondisi yang tak hanya memengaruhi kesehatan fisik pria, tetapi juga memengaruhi kesejahteraan mental mereka, lho Moms.

Dikutip dari Times of India, Jumat (4/11/2022), inilah yang perlu kamu ketahui tentang penyakit ini, Moms...

Apa itu penyakit Peyronie?

Menurut Mayo Clinic, penyakit Peyronie adalah kondisi non-kanker yang dihasilkan dari jaringan parut berserat yang berkembang pada penis dan menyebabkan ereksi yang melengkung dan menyakitkan.

Penyakit ini sangat jarang terjadi, tapi kasusnya mempengaruhi hingga 0,5 persen pria dewasa dan 8 hingga 10 persen pria berusia sekitar 40 tahun di Amerika Serikat. Namun, itu tak berarti PakSu tak berisiko, Moms.

Kondisi langka ini mengkhawatirkan karena diketahui secara signifikan mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Sebuah studi tahun 2013 di American Journal of Managed Care menemukan bahwa sekitar setengah dari semua pasien Peyronie berjuang dengan depresi.

Hal ini karena penyakit ini dapat mencegah seseorang untuk berhubungan seks atau mungkin membuat sulit untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi (disfungsi ereksi), yang menyebabkan stres.

Baca Juga: Ngeri! Ini Beberapa Masalah Seksual yang Sering Diabaikan Wanita, Duhh

Baca Juga: Biar Jauh dari Penyakit, Coba 4 Tips Sederhana Ini untuk Menjaga Kesehatan Seksual

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.