Menu

5 Pola Makan Sehat untuk Cegah Kanker, Ayo Hidup Sehat Moms

04 November 2022 21:55 WIB
5 Pola Makan Sehat untuk Cegah Kanker, Ayo Hidup Sehat Moms

Hidangan salmon sebagai salah satu makanan yang aman dikonsumsi penderita diabetes. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bandung —

Kanker menjadi salah satu penyakit yang hingga hari ini belum memiliki obat pasti untuk disembuhkan. Meskipun pengobatannya terkenal sulit, kanker masih bisa dicegah dengan berbagai perubahan gaya hidup tertentu lho. Salah satunya adalah perubahan pola makan. Kira-kira apa saja ya pola makan sehat yang dapat cegah kanker? Yuk, simak penjelasan berikut!

1. Konsumsi Bawang dan Kacang-kacangan

Bawang dan kacang-kacangan memiliki nutrisi tertentu yang membantu tubuh memproduksi sel atau gen pelawan kanker. Nutrisi dalam makanan ini juga dapat membantu membunuh sel kanker mati secara alami dan mencegahnya menyebar.

2. Konsumsi ikan

Ikan berlemak seperti salmon dikemas dengan asam lemak omega-3 inflamasi yang kemungkinan bertanggung jawab dalam melawan sel kanker.

3. Hindari minuman manis

Minuman ini tidak hanya meningkatkan diabetes dan obesitas, tetapi juga bisa menjadi penyebab terbesar kanker endometrium. Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang terbiasa minum minuman manis memiliki peluang 87 persen lebih banyak untuk menderita kanker karena peningkatan berat badan akibat minuman manis. 

4.  Konsumsi sayuran

Sayuran hijau terutama brokoli dianggap sebagai makanan pelawan kanker. Ahli gizi merekomendasikan untuk mengukusnya daripada merebus atau menggorengnya sebelum dikonsumsi karena mengandung komponen sayuran yang lebih sehat.

5. Konsumsi teh hijau

Banyak penelitian telah menemukan bahwa peminum teh memiliki penurunan risiko kanker ovarium, payudara, prostat, dan paru-paru. ECGC yang merupakan bahan kimia dalam teh hijau bisa menjadi salah satu senyawa anti kanker terkuat karena jumlah antioksidannya yang tinggi.

Itulah 5 pola makan sehat yang bisa diterapkan untuk mencegah kanker.

Baca Juga: Sering Ngidam Makanan Tertentu? Bisa Jadi karena Kamu Kurang Tidur, Ini Penjelasan Ahli

Baca Juga: Suka Makan Larut Malam? Hati-Hati Terserang Penyakit Ini!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.