Menu

Baik untuk Kesehatan Jantung, Ini 4 Jenis Makanan Sehat yang Direkomendasikan

04 November 2022 21:55 WIB
Baik untuk Kesehatan Jantung, Ini 4 Jenis Makanan Sehat yang Direkomendasikan

Ilustrasi makanan untuk menaikkan trombosit. (Freepik/timolina)

HerStory, Bandung —

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang sering kali memakan banyak korban jiwa. Untuk mencegahnya perlu diketahui bahwa ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi.

Dengan menerapkan pola makan sehat, penyakit jantung bisa dicegah. Tapi, jangan bingung Moms, berikut ini HerStory rangkum berbagai makanan yang bisa dikonsumsi untuk cegah penyakit jantung, diantaranya:

1. Salmon dan tuna

Salmon dan tuna menjadi makanan sehat untuk jantung karena kaya asam lemak omega 3. Dengan mengonsumsi dua porsi (150 gram) ikan ini dalam seminggu, dapat mengurangi risiko henti jantung mendadak.

2. Kedelai, edamame, dan kacang tanah

Menurut American Heart Association kacang kedelai baik untuk jantung karena mengandung isoflavon, yaitu antioksidan yang mirip hormon estrogen.

Antioksidan ini dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler pada wanita pascamenopause sehingga aman dikonsumsi untuk mencegah sakit jantung.

3. Oatmeal dan gandum murni

Oatmeal yang terbuat dari tanaman haver mengandung serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol sehingga mencegah terbentuknya plak di pembuluh arteri.

4. Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung berbagai nutrisi yang menyehatkan tubuh secara menyeluruh, termasuk organ jantung. Sayur yang direkomendasikan adalah brokoli, bayam, kangkung, sawi hijau, pok choy, dan asparagus karena kaya akan vitamin C, vitamin E, folat, kalium, kalsium, dan serat yang membantu jantung terus berfungsi normal.

5. Berbagai jenis buah beri dan citrus

Kelompok buah beri, seperti blueberry, stroberi, blackberry, dan raspberry menyehatkan tubuh, termasuk jantung. Buah ini disebut sebagai makanan yang aman bagi mencegah sakit jantung karena kaya antioksidan.

Itulah beberapa makanan yang direkoemndasikan untuk cegah penyakit jantung. Semoga bermanfaat Moms!

Baca Juga: Bagi Penderita Penyakit Jantung Ini Hal yang Perlu Kamu Tahu Mengenai Virus Corona, Waspada Ya!

Baca Juga: Pola Tidurmu Berantakan? Hati-hati, Kebiasaan Itu Bahaya untuk Jantung!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.