Setiap ibu tentu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, begitu juga saat menyusui. Namun, banyak yang enggak sadar bahwa saat ibu kurang minum air putih akan berpengaruh terhadap ASI lho.

ASI menyediakan protein, lemak, karbohidrat, dan nutrisi dalam porsi yang sempurna untuk si kecil di masa pertumbuhan. Untuk menghasilkan ASI yang terbaik, ibu harus mengonsumsi makanan sehat termasuk cukup minum air putih.

Untuk diketahui bahwa ASI terdiri dari 90 persen air. Itu berarti bahwa penting untuk tetap terhidrasi agar tubuh menghasilkan ASI yang sehat dengan suplai melimpah.

Baca Juga: Ini 3 Alasan Produksi ASI Meningkat di Pagi Hari, Sudah Tahu Belum?

Para ahli menganjurkan ibu untuk minum 2-3 liter per hari. Pasalnya saat menyusui kemungkinan besar ibu merasa lebih sering haus. Ini disebabkan oleh oksitosin yang dikeluarkan tubuh selama menyusui bertanggung jawab untuk memicu rasa haus. Ini adalah cara alami tubuh untuk memastikan bahwa ibu mendapatkan cukup air untuk membuat ASI.

Salah satu cara untuk menentukan apakah ibu mendapatkan cukup air adalah dengan memperhatikan warna urine. Jika minum cukup air, warna urine akan hampir jernih atau kuning pucat. Jika warnanya kuning tua atau ibu merasa sering buang air kecil dari biasanya, itu bisa jadi tanda mengalami dehidrasi.