Di tengah pandemi COVID-19, memiliki imunitas tubuh yang kuat jadi hal utama. Pasalnya imunitas tubuh dapat menangkal paparan virus corona sehingga tubuh tak mudah terinfeksi.

Enggak heran deh kalau di masa pandemi jadi banyak orang yang menjalani gaya hidup sehat, seperti rutin berolahraga, berjemur di bawah sinar matahari hingga mengonsumsi suplemen tambahan.

Tapi, banyak yang enggak sadar bahwa imunitas tubuh juga bisa ditingkatkan dengan suasana hati yang baik. Rasa stres dan depresi bisa mengacaukan imunitas tubuh lho. Untuk itu, penting banget mengelola stres agar tubuh tetap sehat dan bugar di masa pandemi.

"Otak kita ini banyak tombolnya. Ada tombol hormon stres, ada tombol hormon happy. Nah ini tergantung kita pencetnya yang mana. Makin hormon stres yang kita pencet terus-terusan, hormon kortisol itu mempengaruhi tubuh, kalau bicara soal covid-19, imunitasnya bisa kacau," ujar Liza MArielly Djaprie, M.Psi,CH Psikolog Klinis dan Hipnoterapis saat konferensi pers di BNPB, Senin (9/11/2020).

"Sementara begitu pula dengan hormon bahagia, ketika kita aktifkan akan mengalirkan banyak hormon bahagia," lanjutnya,

Baca Juga: Lagi Hamil Anak Ketiga, Hilary Duff Dinyatakan Positif Corona!

Liza juga menjelaskan bahwa hormon bahagia terdiri dari 4 macam, yakni hormon dopamin, hormon endorfin, hormon serotonin dan hormon oksitosin. Saat ingin meningkatkan daya tahan tubuh, hormon tersebut perlu diaktifkan dengan berbagai cara. Misalnya untuk menghasilkan hormon endorfin dengan melakukan aktivitas fisik, kemudian hormon oksitosin ketika terlibat suatu hal yang penuh kasih sayang.