Menu

Waduh, Kamu Alami 5 Jenis Batuk Ini? Awas, Itu Bisa Jadi Tanda Penyakit Jantung Lho!

07 November 2022 08:00 WIB
Waduh, Kamu Alami 5 Jenis Batuk Ini? Awas, Itu Bisa Jadi Tanda Penyakit Jantung Lho!

ilustrasi seseorang sedang batuk (freepik/jcomp)

HerStory, Jakarta —

Batuk merupakan respons alami tubuh untuk mengeluarkan zat dan partikel dari dalam saluran pernapasan supaya enggak masuk ke saluran napas bawah.

Batuk juga bisa menjadi tanda adanya kondisi tertentu, mulai dari asma, kanker paru-paru, hingga penyakit jantung. Lantas, batuk seperti apa yang bisa jadi tanda penyakit jantung?

Melansir dari laman Healthline (7/11/2022), batuk yang terjadi sebagai gejala penyakit jantung berbeda dengan batuk berdahak atau batuk kering yang diakibatkan oleh virus.

Berikut ini beberapa jenis batuk yang bisa menjadi tanda penyakit jantung dan harus diwaspadai. Apa saja? Yuk, simak dan catat dengan baik, ya!

Batuk kering

Batuk kering bisa menjadi tanda kamu menderita penyakit jantung. Hal ini terjadi ketika paru-paru terendam banyak cairan dan tubuh ingin mengeluarkannya lewat batuk. Namun, pada saat itu paru-paru enggak bisa mengeluarkan banyak cairan, sehingga batuk terdengar lebih kering. 

Seorang dokter penyakit dalam di Brigham and Women Hospital Eva Shelton, MD, mengatakan, kondisi ini adalah asma jantung. Gagal jantung dapat menyebabkan cairan menumpuk di paru-par, di dalam, dan di sekitar saluran udara.

Batuk basah

Ketika darah kembali ke paru-paru karena gagal jantung, cairan akan masuk ke paru-paru dan membuatnya seperti tenggelam. Hal tersebut menyebabkan paru-paru merasa teriritasi dan mencoba mengeluarkan air itu, jadi respons alaminya adalah batuk.

Baca Juga: Bagi Penderita Penyakit Jantung Ini Hal yang Perlu Kamu Tahu Mengenai Virus Corona, Waspada Ya!

Baca Juga: Pola Tidurmu Berantakan? Hati-hati, Kebiasaan Itu Bahaya untuk Jantung!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita