Moms, sindrom baby blues merupakan gangguan suasana hati yang biasanya dialami oleh ibu saat pertama kali memiliki bayi. Seperti mmenjadi mudah merasa kesal, mudah lelah, atau bahkan merasa sedih tanpa ada alasan yang jelas. 

Gangguan ini sebenarnya enggak bisa dihindari, namun masih bisa diatasi dalam waktu yang relatif ceoat dan enggak harus menggunakan bantuan psikolog. Hal ini dikatakan oleh psikolog klinis, Tanti Diyanti.

“Baby blues ini enggak bisa dihindari, tetapi bisa diatasi,” kata Tanti.

Tanti menjelaskan bahwa cara untuk mengatasi baby blues ini adalah dengan mengeluarkan emosi yang sedang kita rasakan. Lalu, bagaimana caranya? Menurut Tanti ada 3 teknik yang bisa Moms lakukan. 

“Mengeluarkan emosi itu penting agar emosi itu bisa keluar dari tubuh,” ujarnya.

Teknik yang pertama adalah berbicara dengan diri sendiri di depan cermin. Menurut Tanti cara ini bisa membantu untuk Moms mengeluarkan emosi dan mengungkapkan perasaan. Jika Moms merasa cara pertama dianggap aneh, Moms bisa lakukan teknik yang kedua.

Cara kedua adalah dengan berkomunikasi dengan suami mengenai perasaan yang sedang kamu rasakan. Cara ingin bisa membantu Moms untuk mengeluarkan eosi dan segala keluh kesah dari dalam hati dan juga pikiran. 

“Bisa menyampaikan perasaannya ke suami, dan suaminya juga harus mau mendengarkan,” papar Tanti.

Baca Juga: Seberapa Sering Anak Harus Buang Air Besar?

Teknik terakhir adalah menulis jurnal. Dengan cara ini, Moms bisa lebih bebas dalam menceritakan perasaan yang sedang kamu rasakan. Namun, terlepas dari ketiga teknik di atas, Tanti mengatakan bahwa dukungan keluarga dan suami merupakan hal yang paling penting.