Menu

Jangan Panik Duluan Beauty, Perubahan Ini Pasti Terjadi pada Payudara

07 November 2022 13:10 WIB
Jangan Panik Duluan Beauty, Perubahan Ini Pasti Terjadi pada Payudara

Ilustrasi payudara kencang dan sehat (premiumorganic.id/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Meskipun ukuran dan bentuknya relatif sama selama bertahun-tahun, jangan heran jika bentuk payudara mulai berubah saat memasuki usia 20-an, 30-an, dan seterusnya. Sudah umum jika payudara terlihat berbeda saat Anda melewati berbagai tahap kehidupan. Berikut enam perubahan pada payudara yang umum terjadi, antara lain:

1. Terasa Kencang

Payudara bisa mengalami pembengkakan dan nyeri tepat sebelum menstruasi.

2. Kanan Kiri Beda Ukuran

Jika ukuran payudara selalu berbeda sejak pubertas, kemungkinan besar akan terus seperti itu seiring bertambahnya usia. Horton mengatakan payudara tidak mungkin memiliki ukuran yang sama besar. 

3. Lebih Besar saat Hamil

Jika kamu pernah hamil, persiapkan diri untuk banyak perubahan terkait payudara. Seperti yang dikatakan Horton, payudara menjadi lebih besar di awal kehamilan dan akan terus bertambah besar. 

4. Puting Lebih Gelap

Saat payudara menjadi lebih besar selama kehamilan, area di sekitar puting juga akan membesar. Mereka mungkin juga menjadi lebih gelap.

5. Payudara Lebih Sensitif Usai Minum Kopi

Jika kamu penggemar berat segala sesuatu yang berkaitan dengan kafein, mungkin akan tiba saatnya kamu mulai mengalami nyeri payudara sebagai efek sampingnya. 

6. Usai Kehamilan Payudara Berubah

Setelah melahirkan, payudara mungkin tidak kembali ke ukuran dan bentuk awalnya. Bisa saja terkulai, memiliki stretch mark, dan tetap lebih besar dari sebelum kehamilan. Ini tergantung pada menyusui, penambahan berat badan, dan genetika.

Baca Juga: Jangan Minder Dulu Beauty! Punya Ukuran Payudara Kecil Banyak Keuntungannya Kok, Apa Saja?

Baca Juga: Intip 7 Bentuk Puting Payudara, dari Menonjol sampai Berbulu, Punya Kamu yang Mana Nih?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.