Di masa pandemi ini sangat dianjurkan mencuci tangan agar terhindar dari virus, bakteri serta kuman pembawa penyakit. Tangan yang bersih juga akan menjaga kesehatan diri sendiri serta orang lain.

Bakteri, virus, dan kuman ini bisa ditemukan oleh benda-benda yang sudah terkontaminasi. Untuk itu sangat penting menjaga kebersihan tangan. Melansir dari Popmama.com (10/11/2020) benda-benda yang sering disentuh ini memiliki kemungkinan tinggi memiliki bakteri. Apa aja, ya? 

1. Gagang pintu atau pegangan

Gagang pintu atau pegangan di beberapa tempat terutama tempat publik tentunya sudah terkontaminasi oleh bakteri dan virus. Bagaimana tidak, banyak orang tanpa terhitung jumlahnya memegang gagang pintu dan pegangan ini. Misalnya saja pegangan yang ada di angkutan umum, eskalator, hingga pegangan pintu kamar mandi.Jika kamu baru saja memegang benda ini, segeralah mencuci tangan agar tak terpapar virus, bakteri, dan kuman.

2. Pena atau pulpen

Pena atau pulpen juga bisa menjadi benda yang mudah terkontaminasi oleh virus. Apalagi jika pena atau pulpen tersebut kita pinjam dari orang lain. Berdasarkan data dari Wall Street Journal, pena kantor rata-rata memiliki 10 kali kuman dari kursi toilet kantor dengan sekitar 200 bakteri per inci persegi. Nah, jika kamu punya kebiasaan menggigit pulpen, mulai sekarang hentikan, ya! Jangan lupa setelah menggunakan pulpen atau pena segeralah cuci tangan dengan bersih.

3. Botol atau dispenser sabun

Botol atau dispenser sabun tentunya digunakan oleh banyak orang. Akibatnya, bakteri, kuman, dan virus banyak bersarang pada benda ini. Saat kamu menekan botol atau dispenser isi ulang sabun ini, bakteri juga akan ikut menempel. Untuk itu perlunya mencuci tangan dengan benar dan bersih agar kuman dan bakteri benar-benar menghilang dari permukaan tangan.

Baca Juga: Mencuci Tangan Lebih Aman dengan 3 Varian Viva Hand Wash!