Masker adalah salah satu cara perawatan yang membuat kulit glowing. Eits, ini bukan lagi ngomongin masker medis, lho, tapi masker untuk perawatan wajah. 

Taukah Beauty kalau masker wajah itu enggak bisa sembarangan pemakaiannya? Ada jadwal-jadwal tertentu untuk menggunakan masker, gak bisa terlalu sering, jangan juga terlalu lama didiamkan.

Selain itu, masker terdiri dari berbagai jenis yang harus dicocokan dengan jenis kulit wajahmu. Jangan sampai salah dalam menggunakan jenis masker. 

Kamu wajib baca artikel ini sebelum memilih masker dengan benar. Jangan lupa untuk mengenali jenis kulitmu terlebih dahulu, ya!

1. Sheet Mask dan Gel Mask

Cocok digunakan pada kulit kering. Bahannya berupa gel dengan komposisi yang berbeda sesuai dengan merk dan diperuntukkan pada perawatan apa. 

2. Clay Mask

Cocok digunakan pada kulit yang berminyak. Kegunaan clay mask sendiri memang untuk mengangkat minyak berlebih pada wajah. Minyak yang berlebih bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat, dengan clay mask, jerawat dapat diatasi.

3. Sheet Mask

Cocok pada jenis kulit kombinasi. Dilansir dari Sehatq.com, sheet mask yang dipercaya memberi efek positif untuk kecantikan kulit wajah. Mulai dari mengencangkan kulit, mencegah timbulnya jerawat, hingga menyamarkan garis-garis halus di wajah. Kenyataannya, manfaat sheet mask yang utama adalah melembapkan kulit wajah secara intensif.

4. Gel Mask

Paling ampuh digunakan pada kulit yang sensitif. Karena kandungan dari gel mask bisa berbeda-beda antara satu brand dengan brand lain, kamu harus lebih teliti melihat kandungnan yang ada di dalamnya karena kulitmu yang sensitif harus hati-hati sekali dalam memilih kandungan dalam skin care. 

Baca Juga: Sebal Pakai Masker Malah Jadi Jerawatan? Begini Cara Perawatannya!

Pilihlah gel mask yang mengandung bahan alami seperti oatmeal, chamomile atau aloe vera yang bisa menenangkan kulit dan mengurangi pradangan berupa bercak merah.