Semenjak pandemi, kemana-mana harus menggunakan masker. Awalnya pasti banyak yang mengira selain terhindari dari virus, bisa terhindar juga dari polusi yang bikin jerawatan. Ternyata, oh, ternyata menggunakan masker terlalu lama malah jadi tumbuh banyak jerawat di pipi. Aduh, bikin galau saja deh.

Jerawat yang muncul di daerah pipi, dagu dan hidung karena pergesekan yang terjadi antara wajah dengan masker dan sirkulasi udara lembab yang enggak baik terperangkap di dalamnya.

Jika sudah begini, kamu bisa melakukan beberapa hal sebelum dan sesudah menggunakan masker medis.

Sebelum:

Gunakan sunscreen kira-kira 15 menit sebelum pakai masker lalu diikuti dengan pelembab berbahan dasari ringan. 

Jangan gunakan make up yang tebal. Make up akan bergesekan dengan maskermu, menimbulkan noda kotor yang akan terus menempel dengan wajah selama kamu memakai masker.

Jangan lupa untuk selalu membawa masker ekstra dan ganti maskermu setidaknya 3 jam sekali.

Sesudah:

Perawatan yang dapat kamu lakukan sesudah melepas masker di rumah, yang pertama dan paling pasti adalah membersihkan wajah dengan teknik double cleansing dengan micellar water lalu diikuti oleh facial wash.

Setelah itu gunakan toner exfoliant untuk mengangkat kulit mati dan menutup pori-pori. Terakhir, tenangkan kulitmu dengan hydrate toner yang dapat menghidrasi kulit wajahmu dan menyegarkan.

Baca Juga: Tak Memenuhi Panggilan Polisi, Begini Alasan Syarifah Najwa Shihab dan Suami

Say goodbye untuk jerawat karena masker dan jangan malas menggunakan masker demi kesehatan ya!